Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Rusia Menyalahkan Presiden Ashraf Ghani atas Kekacauan di Afghanistan

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 16:48 WIB
Penulis : Aryo bimo

MOSKOW, KOMPAS.TV - Pemerintah Rusia menyalahkan Presiden Afghanistan yang dianggap mempercepat jatuhnya negara itu ke penguasaan kelompok militan Taliban.

Pernyataan itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova dalam sebuah konferensi pers di Moskow, Rabu (19/8/2021).

Baca Juga: Taliban Kembali Berkuasa di Afghanistan, Rusia, China dan Iran Ungkap Keinginan Bekerja Sama

Zakharova menyebut kaburnya Presiden Ghani telah mengubur kesempatan untuk mewujudkan proses terciptanya perdamaian di Afghanistan.

“Presiden Ashraf Ghani yang meninggalkan negaranya dan baru-baru ini ditemukan berada di Uni Emirat Arab, tidak diragukan lagi memikul tanggung jawab atas apa yang terjadi,” ucap Zakharova.

Baca Juga: Rusia Klaim Presiden Ashraf Ghani Tinggalkan Afghanistan dengan 4 Mobil dan 1 Helikopter Penuh Uang

Zakharova juga mengatakan, Presiden Ghani telah menyia-nyiakan kesempatan yang dimiliki untuk mewujudkan proses perdamaian di Afghanistan.

“Dia memiliki setiap kesempatan selama tiga tahun terakhir untuk memastikan keberhasilan proses perdamaian internal Afghanistan dan membantu pembentukan pemerintahan inklusif secara bertahap yang melibatkan semua faksi etnis dan politik. Kesempatan ini telah terbuang sia-sia.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.