Kompas TV internasional kompas dunia

Isi Kesepakatan Trump dan Taliban yang Sebabkan Jatuhnya Afghanistan

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 16:39 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Amerika Serikat menarik pasukannya dari Afghanistan. Taliban pun menguasai hampir setiap kota di Afghanistan. Lalu mengapa Amerika Serikat sepakat untuk meninggalkan Afghanistan setelah berperang selama 20 tahun?

Dilansir dari BBC Indonesia (20/8/2021) Konflik antara AS dan Taliban menjadi perang terlama bagi Amerika Serikat. Ini juga menyebabkan kerugian sekitar USD 978 Miliar dan menewaskan 2.300 orang.

Sementara jumlah tentara AS yang terbunuh setiap tahun relatif rendah setelah mereka secara resmi mengubah peran dalam bentuk pelatihan pada 2014, Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengatakan pada 2019 bahwa "lebih dari 45.000 personel keamanan Afghanistan telah membayar pengorbanan terakhir" dalam lima tahun sebelumnya.

Presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump akhirnya bernegosiasi dengan Taliban. AS dan Taliban menandatangani kesepakatan pada Februari 2020.

Baca Juga: Gubernur Perempuan di Afghanistan Ditangkap Taliban

AS sepakat menarik sisa-sisa pasukan dari Afghanistan. Taliban juga sepakat tak akan membiarkan Al-Qaeda atau kelompok ekstremis lainnya beroperasi di wilayah yang mereka kuasai.

AS juga menyatakan 5.000 tahanan Taliban akan ditukar dengan 1.000 pasukan keamanan Afghanistan. Sanksi terhadap kelompok militan Islam juga akan dicabut.

Taliban kemudian berencana akan bernegosiasi dengan pemerintah Afghanistan untuk menentukan bagaimana dan oleh siapa negara tersebut akan diperintah.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV, APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x