Kompas TV nasional peristiwa

Menengok Sejarah Masjid Istiqlal yang Hari Ini Dibuka untuk Salat Jumat

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 05:54 WIB
menengok-sejarah-masjid-istiqlal-yang-hari-ini-dibuka-untuk-salat-jumat
Masjid Istiqlal usai direnovasi (Sumber:kemenag-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pengelola Masjid Istiqlal membuka kegiatan ibadah salat Jumat pada hari ini, Jumat (20/8/2021).

Wakil Kepala Bagian Humas Masjid Istiqlal, Amaq Dalilah Suparwadi menjelaskan pembukaan ini tetap mengacu pada aturan 25 persen dari kapasitas masjid.

Jemaah yang ingin melaksanakan Salat Jumat wajib menunjukkan sertifikat vaksin kepada petugas sebelum memasuki kawasan masjid.

Protokol kesehatan secara ketat juga bakal diterapkan di lingkungan masjid untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah peribadatan.

"Sudah divaksin menjadi syarat boleh beribadah di Masjid Istiqlal. Jemaah cukup menunjukkan (sertifikat vaksin) ke petugas pintu gerbang Istiqlal," ujar Amaq, Rabu (18/8/2021). 

Baca Juga: Siapkan Sertifikat Vaksin, Mulai Besok Masyarakat Sudah Bisa Salat Jumat di Masjid Istiqlal

Terpisah Wakil Ketua bidang Penyelenggaraan Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah,  menjelaskan selain salat Jumat, kegiatan salat lima waktu berjemaah juga sudah bisa dilakukan.

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini sudah jadi impian para pendiri bangsa sejak 1945. Cita cita besar untuk membangun sebuah masjid yang dapat menjadi sebuah tempat kebanggan warga Jakarta sekaligus tempat untuk beribadah sudah mengendap di hati warga Indonesia. 

Menteri Agama RI pertama KH Wahid Hasyim dan beberapa Ulama mengusulkan untuk mendirikan Masjid yang mampu menjadi simbol bagi Indonesia. 

Pada tahun 1953, KH. Wahid Hasyim, selaku Mentri Agama RI pertama bersama H. Agus Salim, Anwar Tjokroaminoto dan Ir. Sofwan dan dibantu sekitar 200 tokoh Islam pimpinan KH. Taufiqorrahman mengusulkan untuk mendirikan sebuah yayasan. Pada tanggal 7 Desember 1954 didirikanlah yayasan Masjid Istiqlal yang diketuai oleh H. Tjokroaminoto untuk mewujudkan ide pembangunan masjid nasional tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x