Kompas TV nasional kesehatan

Mengompol Setelah Melahirkan, Ini Solusinya

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 20:10 WIB
mengompol-setelah-melahirkan-ini-solusinya
Ibu-ibu hamil sedang bercengkerama membicarakan kehamilan. Keluhan ini sering diucapkan para ibu muda yang baru melahirkan, yaitu mengompol usai melahirkan. Tenang bunda, ada kok solusinya. (Sumber: Shutterstock/KOMPAS)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluhan ini sering diucapkan para ibu muda yang baru melahirkan, yaitu mengompol usai melahirkan. Tenang bunda, ada kok solusinya.

Ketua Perkumpulan Kontinensia Indonesia (PERKINA), Prof. dr. Harrina Erlianti Rahardjo, SpU (K), PhD menyarankan para perempuan melakukan latihan otot dasar panggul sebelum hamil demi mencegah kejadian mengompol setelah melahirkan.

"Latihan otot dasar panggul sebaiknya dilakukan malah sebelum kehamilan untuk mencegah kejadian mengompol atau (agar mengompol) tidak berkepanjangan setelah melahirkan, sebelum hamil sudah dilatih," ujar Profesor Harrina pada edukasi virtual bertema "Beser dan Ngompol Pada Kelompok Lansia dan Laki-laki, Normalkah?", Kamis, (19/08/2021) seperti dilaporkan Antara.

Latihan ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau atas pengawasan dokter. Tetapi otot yang mana yang perlu dilatih? Nah, untuk mengenali otot yang perlu dilatih, cobalah saat pipis, hentikan sementara aliran urin dan lepas kembali setelah lima detik. 

"Itulah otot yang ingin dilatih, pasti terasa otot apa yang dipakai untuk menyetop aliran itu dan melepaskannya. Saat tidak berkemih itulah yang dilatih dengan menjepit dan melepas," tutur Harrina.

Menurut Profesor Harrina, di sini ada dua hal yang perlu dilatih yakni daya tahan otot dan kekuatan otot. Untuk daya tahan, cobalah menahan aliran urin saat buang air kecil sekitar 5 detik lalu melepaskannya. Sementara untuk kekuatan, bisa dengan fase cepat atau menjepit dan melepas hanya dalam 1-2 detik.

Harrina mengatakan, latihan otot dasar panggul juga perlu dilakukan saat hamil setelah berkonsultasi dengan dokter, dilanjutkan setelah melahirkan saat tubuh sudah pulih.

Baca Juga: 5 Hal Berbahaya Ini Bakal Muncul Saat Kamu Sering Menahan Kencing, Waspadalah!

Ilustrasi ibu pasca melahirkan. Menurut Profesor Harrina, di sini ada dua hal yang perlu dilatih yakni daya tahan otot dan kekuatan otot. (Sumber: Shutterstocks via Kompas.com)

Latihan otot panggul itu berfaedah untuk membantu mencegah kejadian mengompol saat memasuki usia lanjut. Kala itu hormon estrogen sudah menurun dan dinding dasar panggul lebih lemah ketimbang di usia muda.

Mengompol atau enuresis sendiri adalah kondisi ketika seseorang tidak dapat menahan keluarnya air kencing (urin) yang bisa terjadi ketika seseorang tidur atau terbangun. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada anak-anak, namun juga bisa terjadi orang dewasa dan usia tua.

Melahirkan bayi berukuran besar dan terlalu sering menjalani persalinan normal bisa menjadi faktor risikonya, selain hal lain seperti kebiasaan merokok atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Prof. Dr. dr. Siti Setiati, Sp.PD, KGer, M.Epid dari Divisi Geriati Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM mengatakan, para wanita sebenarnya tak perlu khawatir bila mengalami mengompol terjadi usai melahirkan melalui proses normal, karena kondisi ini bisa diatasi dengan melatih otot dasar panggul.

"Kalau dilatih jadi bisa normal lagi. Latihan dasar otot panggul lebih kepada menguatkan otot-otot di bagian bawah," demikian kata dia.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x