Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kampanye Hitam LSM Asing Meresahkan, Petani Kelapa Sawit Minta Perlindungan Pemerintah

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 19:54 WIB
kampanye-hitam-lsm-asing-meresahkan-petani-kelapa-sawit-minta-perlindungan-pemerintah
Sejumlah petan mengangkut tandan buah segar (TBS) hasil panen kelapa sawit ke dalam truk untuk dibawa ke pabrik di Kawasan perkebunan Batang Serangan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kampanye hitam atau black campaign yang dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) asing masih menjadi keresahan petani kelapa sawit.

Oleh karena itu, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menyampaikan meminta pemerintah  melindungi sektor kelapa sawit dan petaninya.

Melihat, industri kelapa sawit terbukit tangguh selama pandemi Covid-19 dengan memberikan kontribusi terhadap perekonomian dan pembangunan nasional.

Plt Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Sahat Sinaga menyayangkan kontribusi kelapa sawit bagi Indonesia masih terus mendapatkan hadangan melalui kampanye hitam yang dihembuskan jejaring LSM internasional.

Padahal, menurutnya, dibandingkan minyak nabati lain, kelapa sawit jelas mempunyai keunggulan sulit tersaingi dari aspek produktivitas dan harga lebih kompetitif.

"Untuk menekan daya saing sawit, dibuatlah hambatan nontarif dan berbagai standar sustainability supaya menambah beban biaya produksinya. Serangan terhadap kelapa sawit dipastikan tidak akan pernah turun," ungkapnya dalam webinar bertemakan Apresiasi Kinerja Dan Masa Depan Petani Sawit Indonesia, Kamis (19/8/2021).

Sahat menegaskan Indonesia tidak boleh tunduk dengan tekanan LSM internasional melalui beragam isu di dalam kampanyenya.

Dari sejumlah kampanye yang dilakukan, LSM cenderung provokatif dan mengganggu perekonomian bangsa.

"LSM yang tidak memberikan manfaat apapun bagi Indonesia sebaiknya ditindak tegas sesuai regulasi Indonesia," katanya.

Baca Juga: Benang Kusut Perizinan Kebun Kelapa Sawit di Papua dan Papua Barat Dievaluasi

Hal serupa diutarakan oleh Sekjen DPP Apkasindo Rino Afrino, masalah kampanye hitam menjadi perhatian utama petani sawit yang berpotensi mengganggu usaha petani.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x