Kompas TV nasional pro kontra

Dukung Formula E, Gerindra DKI Tolak Rencana Interpelasi Anies Baswedan

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 17:48 WIB
dukung-formula-e-gerindra-dki-tolak-rencana-interpelasi-anies-baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya tersenyum ketika diwawancarai mengenai Formula E (22/2/2020) (Sumber: KOMPASTV/VALEN/BISMO)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta membela keputusan Gubernur Anies Baswedan untuk tetap melaksanakan ajang balap Formula E pada Juni 2022.

Gerindra berharap fraksi-fraksi yang keberatan dengan keputusan Anies tersebut bisa mempertanyakannya di forum legislatif biasa, bukan dengan mengajukan interpelasi.

Pernyataan soal sikap Fraksi Gerindra ini disampaikan Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra Purwanto dalam video yang diterima Kompas.TV, Kamis (19/8).

Dia menanggapi rencana sejumlah anggota DPRD dari Fraksi PSI dan PDIP yang bakal mengajukan hak interpelasi kepada Anies yang menginstruksikan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E di tengah situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Fraksi PDIP dan PSI di DPRD DKI Ajukan Hak Interpelasi ke Gubernur Anies Terkait Formula E

“Kami berharap bahwa apa yang diinginkan oleh teman-teman dari PSI dan beberapa dari PDIP untuk bertanya, bisa menggunakan ranah-ranah lain dalam forum-forum yang resmi di alat kelengkapan dewan lainnya. Misalnya di rapat-rapat komisi atau rapat badan anggaran,” kata Purwanto.

Dia menjelaskan, ada potensi pemasukan uang hingga Rp1,2 triliun dari penyelenggaraan Formula E. Hal ini, katanya, sejalan dengan arahan Presiden untuk memulihkan ekonomi secara cepat.

“Karena itu harus kita dukung,” ujarnya.

Baca Juga: Wagub DKI Tegaskan Formula E Tetap Dilaksanakan Tahun 2022

Selain itu, kata Purwanto, keputusan Gubernur yang menginstruksikan ibukota jadi tuan rumah dapat mengirimkan pesan positif bahwa Jakarta akan keluar dari masalah Covid-19.

Apalagi saat ini DKI Jakarta juga sudah keluar dari kategori wilayah zona merah Covid-19 menjadi wilayah zona hijau.

“Situasi yang paling berat kemarin, dan sekarang sudah tingkat vaksinasi yang tinggi, tingkat positive rate yang sudah rendah,” tuturnya.

Faktor lain, sambungnya, kegiatan Formula E bakal menjadi ajang untuk memperkenalkan Jakarta di mata dunia. Apalagi ajang ini akan menjadi sorotan dunia dan bakal disiarkan langsung oleh sekitar 120 negara.

Baca Juga: Soal Penyelenggaran Formula E, Fraksi DPRD DKI Kumpulkan Interpelasi kepada Anies

Meski demikian, Fraksi Partai Gerindra menyatakan tetap menghormati langkah 13 politisi dari Fraksi PSI dan sebagian anggota DPRD dari PDIP untuk menggunakan hak interpelasi tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x