Kompas TV regional berita daerah

Bendera Sepanjang Seribu Meter Dibentangkan Di Atas Laut

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 15:54 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Dalam rangka memperingati hut kemerdekaan ri ke 76 tahun, pemerintah kota makassar menggelar upacara tematik, dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 1000 meter di atas laut.

Pembentangan bendera merah putih ini, dilakukan di atas laut makassar, dengan menggunakan perahu nelayan . 

Dalam pembentangan bendera raksasa ini , puluhan personel dari tni,polri, dan juga nelayan ikut ambil bagian .

Selain pembentangkan bendera , pemkot makassar juga memberikan penghargaan kepada sembilan putra putri terbaik makassar . Salah satunya erwin abdullah, lifter dunia, yang berhasil meraih medali perunggu dalam olimpiade tokyo 2020 .

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto atau biasa disapa Danny Pomanto didampingi Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mengatakan, semua yang dilakukan hari ini mengandung makna dan simbol semangat kemerdekaan.

“Bendera Merah Putih dibentangkan hari ini tepat merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 tahun dan dilakukan oleh 76 orang nelayan, 76 orang Anggota TNI/Polri. Juga para penari berbusana adat Makassar. Menjadi tanda kekompakan juga semangat membara agar dapat terbebas dari serangan Covid-19,” ungkap Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Kapal Pinisi sebagai panggung upacara ingin mengingatkan kembali budaya warga Makassar. Daerah dengan julukan Kota Daeng.

“Indonesia merdeka 76 tahun dan sekarang kita berada di tanah Makassar, tempat kelahiran kita. Olehnya itu bersama Ibu Fatma kami ingin mengingatkan kembali anak bangsa khususnya di Makassar akan budaya yang ada. Jangan biarkan teknologi menggerus adat istiadat juga budaya kita," pesan Danny Pomanto.

Bendera yang dibentangkan dibagi menjadi 3 titik. Membelah laut di pantai losari. Dimeriahkan dengan pelepasan balon merah putih ke udara.

#benderaterpanjang
#pemkotmakassar
#hutRI76



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x