Kompas TV regional update corona

Detik-detik 1.100 Ibu Hamil di Yogyakarta Terima Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran UGM

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 15:23 WIB
detik-detik-1-100-ibu-hamil-di-yogyakarta-terima-vaksin-covid-19-dari-fakultas-kedokteran-ugm
Sekitar 1.100 ibu hamil yang berada di Yogyakarta mengikuti vaksinasi Covid-19 di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Kamis (19/8/2021). (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Sekitar 1.100 ibu hamil yang berada di Yogyakarta mengikuti vaksinasi Covid-19 di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Kamis (19/8/2021).

Vaksinasi ini digelar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM untuk mendukung upaya pemerintah dalam memperluas sasaran vaksinasi dan menekan angka kematian akibat Covid-19.

Menurut Dekan FKKMK UGM, Ova Emilia, akhir-akhir ini tingkat kematian ibu hamil akibat Covid-19 meningkat.

Terlebih, ibu hamil merupakan kelompok risiko tinggi sehingga memerlukan peningkatan daya tahan tubuh.

"Ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami perburukan dan memerlukan perawatan di ruang intensif, terlebih dengan masuknya
varian Delta," ujarnya.

Oleh karena itu, salah satu upaya strategis yang dapat diambil, selain upaya preventif standar berupa pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan secara benar,
adalah pemberian vaksinasi pada ibu hamil.

Vaksinasi terhadap kelompok ibu hamil dilakukan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan yang ditetapkan pada 2 Agustus 2021.

Baca Juga: Gubernur Anies: 1.754 Ibu Hamil Telah Dapatkan Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Jenis vaksin yang dapat digunakan untuk ibu hamil ini adalah vaksin Covid-19 platform mRNA Pfizer dan Moderna, dan vaksin platform inactivated Sinovac, sesuai
ketersediaan.

Pemberian dosis pertama vaksinasi Covid-19 tersebut dimulai pada trimester kedua kehamilan, dan untuk pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin yang diberikan.

Diharapkan ketika ibu hamil telah menerima vaksin maka sistem imun segera terbentuk sehingga membantu tubuh dalam melawan infeksi Covid-19 sehingga apabila terjadi
infeksi maka akan mencegah terjadinya keparahan penyakit.

Manfaat lain dari vaksinasi juga memberikan perlindungan kekebalan terhadap janin yang dikandungnya dari infeksi Covid-19 karena mendapatkan kekebalan adaptif yang diperoleh dari ibu yang telah menerima vaksinasi. 

Efek samping yang timbul pasca pemberian vaksin Covid-19 kepada ibu hamil tidak berbeda dengan wanita tidak hamil.

Efek samping yang kerap timbul adalah demam. Walau jarang, reaksi alergi dapat timbul pasca penyuntikan vaksin Covid-19.

Baca Juga: Sentra Vaksinasi Ibu Hamil Diadakan di 5 Kota dan Kabupaten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x