Kompas TV nasional peristiwa

Bina Paskibraka Jadi Duta Pancasila, Presiden Jokowi: Kita Ingin Pancasila Bukan Hanya Hafalan

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 00:58 WIB
bina-paskibraka-jadi-duta-pancasila-presiden-jokowi-kita-ingin-pancasila-bukan-hanya-hafalan
Presiden Jokowi saat memberi arahan dalam pelantikan Purnapaskibraka menjadi Duta Pancasila di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (18/8/2021). (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik para alumni Paskibraka atau Purnapaskibraka menjadi Duta Pancasila di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (18/8/2021). 

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta Purnapaskibraka untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita ingin Pancasila ini menjadi ideologi yang bekerja sehingga harus kita bumikan dalam kehidupan kita sehari-hari, bukan hanya slogan, bukan hanya hafalan, seperti tadi disampaikan oleh Bu Mega,” kata Jokowi.

Jokowi menilai, Pancasila berisi nilai-nilai luhur yang mesti menjadi panduan bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga: Jokowi Dikatai Kodok, Megawati Sebut yang Menghina Tidak Punya Moral dan Pengecut

Menurut Jokowi, Pancasila sebagai ideologi dapat pula menyatukan bangsa dengan jumlah penduduk yang banyak, suku yang beragam, dan agama serta aliran kepercayaan yang berbeda-beda.

"Enggak ada negara yang seberagam kita ini, enggak ada. Siapa yang bisa mempersatukan? Ya ideologi kita," tegasnya. 

Sebab itu, Jokowi berpendapat, pelantikan Purnapaskibraka menjadi Duta Pancasila penting untuk menyebarkan nilai-nilai Pancasila secara kekinian agar tersampaikan pada anak-anak muda lainnya.

"Saya harapkan Saudara-Saudara nanti bisa menjadi motivator bagi anak-anak muda yang lainnya, berbagi pengalaman, mendorong prestasi, membentuk kesadaran akan nilai-nilai," beber Jokowi.

“Dan tergerak untuk merajut simpul-simpul persatuan, menjadi pelopor perubahan dan kemajuan yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan negara,” imbuhnya.

Ia sengaja memilih Purnapaskibraka sebagai Duta Pancasila karena mereka adalah generasi muda pilihan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x