Kompas TV internasional kompas dunia

Ismail Sabri Berpeluang Jadi PM Malaysia, Raja Panggil 114 Anggota Parlemen Pendukungnya

Kamis, 19 Agustus 2021 | 02:05 WIB
ismail-sabri-berpeluang-jadi-pm-malaysia-raja-panggil-114-anggota-parlemen-pendukungnya
Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia yang juga Wakil Presiden UMNO Ismail Sabri Yaakob dan pemimpin oposisi Malaysia yang juga Presiden PKR Anwar Ibrahim bersaing meraih dukungan untuk menjadi Perdana Menteri Malaysia kesembilan (Sumber: The Star)

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Raja Malaysia memanggil 114 anggota parlemen yang menandatangani deklarasi dukungan kepada Ismail Sabri Yaakob untuk menjadi Perdana Menteri yang baru. Anggota parlemen itu diminta hadir ke kraton hari Kamis, (19/08/2021) agar Raja dapat memverifikasi dukungan mereka.

Para anggota parlemen itu akan bertemu secara berkelompok mulai jam 10 pagi hingga jam 5 sore. 

Sumber-sumber istana mengatakan, mereka yang dipanggil adalah dari Perikatan Nasional, Barisan Nasional, Gabungan Parti Sarawak, Parti Solidariti Tanah Airku (Star) from Sabah dan anggota parlemen independen yang sebelumnya mendukung Datuk Seri Ismail yang saat ini menjabat wakil PM yang juga akan berakhir masa jabatan mengikuti mundurnya PM Muhyiddin Yasin. 

Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia yang juga Wakil Presiden UMNO Ismail Sabri Yaakob dan pemimpin oposisi Malaysia yang juga Presiden PKR Anwar Ibrahim bersaing meraih dukungan untuk menjadi Perdana Menteri Malaysia kesembilan, menyusul mundurnya Muhyiddin Yasin dari kursi Perdana Menteri, seperti dilansir Antara, Rabu, (18/08/2021).

Menurut informasi dari Istana Negara Malaysia, nama Perdana Menteri baru diumumkan Jumat (20/08/2021) setelah Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah melakukan pertemuan dengan raja-raja Melayu.

Sebelumnya, 220 anggota parlemen menyerahkan surat akuan bersumpah (statutory declaration) yang berisikan satu nama anggota parlemen yang dicalonkan sebagai calon perdana menteri.

Baca Juga: Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin Mundur setelah 17 Bulan Berkuasa

Pemimpin partai oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim. Anwar Ibrahim bersaing dengan Ismail Sabri Yakoob menggantikan Muhyiddin Yasin menjadi PM Malaysia. (Sumber: AP Photo)

Sementara itu, berdasarkan sumber informasi yang beredar disebutkan Ismail Sabri Yaakob dikabarkan dapat dukungan 114 anggota parlemen.

Sumber di koalisi Perikatan Nasional (PN) membenarkan 53 anggota parlemennya (Bersatu 31 orang, PAS 18 orang, Star  satu orang, dan bebas tiga orang) mencalonkan Ismail Sabri Yaakob.

Kubu Ismail juga mendapatkan dukungan 41 dari 42 anggota parlemen Barisan Nasional (BN), sedangkan anggota parlemen Gua Musang, Tengku Razaliegh kemungkinan memilihnya.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:07
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19