Kompas TV nasional peristiwa

Kurangi Pengangguran, Kemnaker Luncurkan Pilot Project Perluasan Kerja Berbasis Kawasan

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 21:00 WIB
kurangi-pengangguran-kemnaker-luncurkan-pilot-project-perluasan-kerja-berbasis-kawasan
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (Sumber: Dokumentasi Humas Kementerian Ketenagakerjaan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah secara resmi meluncurkan Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan. 

Ida menyebut model perluasan kesempatan kerja ini dapat mengurangi angka pengangguran, karena diyakini bisa membuka lapangan kerja baru yang efektif.

"Saya yakin dengan model perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini mampu membuka lapangan kerja baru yang lebih efektif," kata Ida dalam keterangan tertulis, Rabu (18/8/2021). 

Dia menjelaskan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini merupakan model dalam membangun ekosistem kewirausahaan yang berkelanjutan.

Tak hanya itu, program tersebut juga untuk mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) lokal dan potensi ekonomi daerah.

Lebih lanjut dia menyebut, pihaknya telah menetapkan 5 (lima) lokasi pilot project dengan karakteristik beragam.

Adapun yang dimaksud yaitu Kawasan Perhutanan Sosial Teluk Jambe di Karawang, Kawasan Agroforestri Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara dan Batang, Kawasan Agroindustri Sei Mericim di Deli Serdang.

Baca Juga: Muncul 'Data Masih Verifikasi Permenaker' Saat Cek BSU, Begini Penjelasan BPJS Ketenagakerjaan

Kemudian Kawasan Agromaritim Teluk Weda di Halmera Tengah, dan Kawasan Agrowisata Lido di Bogor dan Sukabumi.

Dia menambahkan transformasi perluasan kesempatan kerja perlu dilakukan untuk mengembangkan program tenaga kerja mandiri, efektif dan terukur berkelanjutan.

Di sisi lain, Ida mengatakan bahwa  pengembangan usaha terintegrasi ini juga akan dilakukan dari hulu hingga ke hilir yang dapat memungkinkan terjadinya sustainability atau keberlanjutan usaha untuk membentuk sebuah ekosistem perluasan kerja yang efektif dan berkelanjutan.

"Dan yang terpenting adanya dukungan lintas sektor dan partisipasi stakeholder di Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi Lembaga Keuangan dan Pihak Swasta," ucapnya. 

Selain itu, Ida menuturkan, sejak 2020, Kementerian Ketenagakerjaan telah melakukan kerjasama dengan IPB University dalam program bidang pengembangan kompetensi tenaga kerja sektor pertanian, kelautan, dan perluasan kesempatan kerja.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama dengan IPB University yang telah membantu perencanaan dan akan mendampingi pelaksanaan program yang strategis ini," ucapnya. 

Baca Juga: Menaker Ida Fauziyah Sebut 4 Strategi Lindungi Kepentingan Pekerja Migran



Sumber : Kompas TV/Laman Kementerian Ketenagakerjaan

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.