Kompas TV nasional berita utama

Tinjau Penerapan Disiplin Berjalan Baik, Pemerintah akan Perluas Pembukaan Pusat Perbelanjaan

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 20:07 WIB
tinjau-penerapan-disiplin-berjalan-baik-pemerintah-akan-perluas-pembukaan-pusat-perbelanjaan
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Sumber: Screen Capture Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah berencana memperluas penerapan pembukaan pusat perbelanjaan pada Kabupaten/Kota level 4 di Indonesia. Hal tersebut dilakukan setelah meninjau penerapan kedisiplinan yang terlah diterapkan dengan baik di lapangan.

Demikian keterangan Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito terkait perkembangan dan penanganan Covid-19, Rabu (18/8/2021).

“Pemerintah akan memperluas penerapan Pembukaan pusat perbelanjaan pada kabupaten kota level 4 di Indonesia, meninjau penerapan kedisiplinan yang telah diterapkan dengan baik di lapangan,” kata Wiku.

“Adapun sejak diberlakukannya pembukaan sektor pembelanjaan yaitu Mall, pantauan sistem pedulilindungi mencatatkan sebanyak 1015 juta orang yang mencoba melakukan check-in pada sistem dan telah berhasil menyaring 619 orang yang tidak sesuai kriteria pengunjung.”

Baca Juga: Walikota Ancam Pecat PNS Terlibat Sertifikat Vaksin Dan PCR Palsu

Kemudian, lanjut Wiku, pemerintah juga mengizinkan kegiatan olahraga individu atau kelompok tidak lebih dari 4 orang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat pada wilayah aglomerasi level 3 dan 4 di Jawa Bali.

Selain itu, Wiku menuturkan kapasitas rumah ibadah untuk melakukan kegiatan ibadah ditingkatkan menjadi 50% di Kabupaten/Kota level 3 dan 4.

“Spesifik terkait penerapan PPKM level 3 dan 4 di wilayah luar Jawa-Bali upaya pengendalian berfokus pada menekan mobilitas penanganan di hulu,” ujarnya.

Baca Juga: Seluruh Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Ajukan Hak Interpelasi Formula E

“Dengan prioritas memakai masker peningkatan upaya 3T utamanya tracing, mendorong masyarakat untuk melakukan isolasi terpusat, dan peningkatan cakupan vaksinasi yang saat ini sudah menyentuh angka rata-rata nasional.”

Wiku menjelaskan, fasilitas isolasi terpusat di luar pulau Jawa Bali dilakukan di Wisma Haji dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, lanjutnya, isolasi terpusat juga diduga dilakukan dengan memanfaatkan kapal Pelni yang telah diujicobakan di Kota Makassar, Medan, Lampung, Padang, Sorong dan Jayapura.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x