Kompas TV internasional kompas dunia

Ratusan Pengungsi dari Afghanistan Tiba di Inggris dan Prancis

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 14:28 WIB
Penulis : Aryo bimo

OXFORDSHIRE, KOMPAS.TV - Pesawat Angkatan Udara Kerajaan Inggris yang mengevakuasi sejumlah warga dari Afghanistan, mendarat di pangkalan udara Brize Norton, Oxfordshire, Rabu (18/8/2021) pagi.

Otoritas evakuasi Inggris memiliki harapan untuk membawa pulang sekitar 6.000 – 7.000 warga negara Inggris dan Afghanistan dari Ibu Kota Kabul.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengumumkan bahwa negaranya akan menerima sekitar 20.000 pengungsi Afghanistan untuk tahun-tahun mendatang sebagai bagian dari skema permukiman baru.

Di tahun pertama, Inggris akan menerima 5.000 pengungsi yang sebagian besar didominasi perempuan, anak-anak, serta minoritas lain di afghanistan.

Sehari sebelumnya, sebuah pesawat yang mengangkut 41 orang dari Bandara Internaisonal Kabul, Afghanistan, tiba di Bandara Roissy, Prancis, Selasa (17/8/2021).

Prancis mengevakuasi ratusan orang dengan pesawat militer setelah taliban menguasai Ibu Kota Kabul dan Istana Kepresidenan.

Pengungsi dibawa terlebih dulu ke pangkalan militer di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sebagian lainnya lalu diterbangkan langsung ke Prancis.

Otoritas Prancis tidak memberi informasi detil mengenai status kewarganegaraan orang-orang yang dievakuasi dari Kabul, Afghanistan.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x