Kompas TV internasional kompas dunia

Kuasai Afghanistan, Ini 5 Janji Taliban

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 13:55 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

KABUL, KOMPAS.TV – Taliban menggelar konferensi pers pertama setelah berhasil menguasai Afghanistan pada 17 Agustus 2021.

Ada 5 janji yang bakal dilakukan oleh Taliban di Afghanistan.

Pertama, Taliban memperbolehkan laki-laki dan perempuan di Afghanistan bersekolah. Laki-laki dan perempuan mendapat pendidikan selama syariat Islam tak diabaikan.

Kedua, menjunjung tinggi hak perempuan di Afghanistan. Taliban mengizinkan perempuan untuk bekerja.

"Mereka akan bekerja bahu-membahu dengan kami. Kepada komunitas internasional, kami menjamin tidak akan ada diskriminasi," paparnya.

Baca Juga: Wali Kota Perempuan Afghanistan Siap Dibunuh, Taliban Justru Tawarkan Gabung Pemerintahan

Ketiga, Taliban tak akan berselisih dengan negara lain. Taliban memberikan jaminan kepada masyarakat internasional termasuk Amerika Serikat. Mereka menyatakan tak akan menggunakan Afghanistan untuk melawan siapapun. Taliban tak akan membiarkan tanah Afghanistan digunakan untuk berselisih terhadap tetangga atau negara lain.

Keempat, Taliban berkomitmen menjaga delegasi asing di Afghanistan. Taliban memberikan jaminan keamanan pada semua negara asing, kedutaan dan staf kedutaan negara asing atau perwakilan asing lainnya.

Kelima, mendukung pembelajaran islam, modern dan pendidikan tinggi. Taliban menginginkan bangsanya bisa terdidik dengan modern.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV, APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x