Kompas TV video sinau

Bukan Tikus, Ternyata Gajah Takut pada Lebah

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 20:29 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Pernah mendengar tentang gajah yang takut dengan tikus? Rasa takut gajah pada tikus di perlihatkan dalam film atau cerita dongeng. Diceritakan seekor gajah yang mencari tempat tinggi, untuk menghindar dari seekor tikus yang dating. Tapi faktanya, berbeda dengan yang ada pada film atau cerita dongeng itu. Gajah takut dengan hewan yang lebih kecil dari tikus, yaitu lebah.

Gajah takut dengan lebah karena senyawa feromon yang dikeluarkan oleh lebah.  Senyawa feromon ini yang akan digunakan lebah untuk memanggil kawananya  ketika merasa terancam. Meski gajah memiliki kulit yang tebal, gajah takut disengat oleh lebah. Bahkan bagaimanapun caranya, gajah akan menghindar dari kawanan lebah.

Ternyata ada juga bagian kulit gajah yang tipis, yaitu di bagian sekitar gading dan dekat mata. Daerah inilah yang jadi sasaran empuk lebah untuk disengat. Kendati demikian, gajah juga sangat peka dengan kehadiran gerombolan lebah. Gajah sangat peka dengan senyawa feromon, sehingga bisa mendeteksi kehadiran gerombolan lebah. Jika sudah terdeteksi kehadiran lebah itu, maka sebisa mungkin gajah satu dengan yang lainnya menghindar. Agar tidak disengat oleh lebah.

Baca Juga: Lagi! Gajah di Aceh Timur Dibunuh dan Diambil Gadingnya, Polisi: Pelaku Gunakan Racun

https://www.kompas.tv/article/202515/lagi-gajah-di-aceh-timur-dibunuh-dan-diambil-gadingnya-polisi-pelaku-gunakan-racun 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x