Kompas TV nasional peristiwa

Ridwan Kamil: Kita Makin Dekat untuk Deklarasikan Kemerdekaan dari Virus Mematikan

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 20:54 WIB
ridwan-kamil-kita-makin-dekat-untuk-deklarasikan-kemerdekaan-dari-virus-mematikan
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan saat ini Indonesia sedang berjuang untuk merdeka dan terbebas dari pandemi Covid-19. (Sumber: Dok. Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan saat ini Indonesia sedang berjuang untuk merdeka dan terbebas dari pandemi Covid-19.

Menurutnya, jika 76 tahun lalu para pejuang berusaha merdeka dari penjajah, maka kini para pejuang kemanusiaan berjuang demi merdeka dari virus yang mematikan.

"76 tahun silam para founding fathers kita mendeklarasikan kemerdekaan kita kepada para penjajah. Hari ini kita juga semakin dekat untuk mendeklarasikan kemerdekaan kita dari virus yang mematikan ini," kata Ridwan Kamil dalam pidatonya saat upacara pengibaran bendera HUT ke-76 RI di Gedung Sate, Jabar, Selasa (17/8/2021).

Gubernur yang akrab dipanggil Kang Emil ini juga menjelaskan meskipun kondisi di beberapa wilayah kini relatif membaik, namun bukan berarti perang melawan Covid-19 sudah berakhir.

Ia menegaskan bahwa masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan agar benar-benar bisa merdeka dari Covid-19.

Oleh karena itu, perlu tindakan lanjutan yang harus dilakukan bukan berpuas diri atau justru mengklaim kemenangan.

Baca Juga: Gubernur Anies Berharap Jakarta International Stadium Lahirkan Atlet Berprestasi Dunia

"Hal tersebut tidak berarti perang melawan Covid-19 berakhir kita masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, namun makna dari deklarasi ini adalah panggilan untuk bertindak bukan untuk berpuas diri atau mengklaim kemenangan," kata Ridwan Kamil.

Seperti salah satunya, Kang Emil menyebut hingga kini Pemprov Jawa Barat masih berjuang melawan pandemi Covid-19 dengan mengedepankan konsep kolaborasi pentahelix.

Artinya, meningkatkan kapasitas infrastruktur kesehatan untuk menekan angka keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Rate/BOR).

"Kolaborasi di antaranya dengan meningkatkan kapasitas infrastruktur kesehatan untuk menekan tingkat keterisian tempat tidur. Saya melaporkan hari ini keterisian rumah sakit untuk Covid-19 di Jabar kurang lebih 28 persen," kata Ridwan Kamil.

Tak hanya itu, Kang Emil juga menerangkan selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pihaknya telah menyediakan ribuan pusat isolasi desa, menyiapkan posko oksigen, hingga menanggulangi kekurangan oksigen di rumah sakit.

"Pada masa PPKM kami menyediakan 7.700 pusat isolasi desa, kami memanfaatkan bangunan-bangunan pemerintah, TNI/Polri, hotel-hotel, apartemen, kita menyiapkan posko oksigen Jabar untuk menanggulangi kekurangan oksigen di rumah sakit maupun pasien isolasi mandiri di seluruh Jawa Barat," kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x