Kompas TV entertainment film

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Menang di Festival Locarno, Ini Cerita Sang Sutradara

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 20:42 WIB
seperti-dendam-rindu-harus-dibayar-tuntas-menang-di-festival-locarno-ini-cerita-sang-sutradara
Poster film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. (Sumber: Instagram/@sepertidendamfilm)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sutradara film berjudul ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’, Edwin, mengungkapkan kesannya saat tahu film garapannya menang di Locarno International Film Festival 2021.

Film ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ berhasi membawa pulang Golden Leopard, penghargaan tertinggi di festival internasional tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (17/8/2021), Edwin menceritakan tujuannya mendaftarkan film yang diadaptasi dari novel Eka Kurniawan ini ke Locarno International Film Festival 2021.

Baca Juga: Angin Segar Perfilman Indonesia: ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ Raih Golden Leopard

Sederhana saja, Edwin ingin memperkenalkan film karya Indonesia ke kancah internasional agar lebih banyak ditonton. Ia bahkan tidak berniat untuk menggaet penghargaan Golden Leopard.

“Iya, jadi intinya film itu pengin ditonton sebanyak mungkin, di macam-macam tempat baik kalau dalam konteks sekarang di Indonesia atau di luar negeri,” kata Edwin.

“Intinya bukan menangnya, ini bukan perlombaan, tujuannya untuk memperkenalkan film ini ada di mana-mana, di pasar film internasional, supaya banyak lagi yang nonton,” ucapnya.

Secara kebetulan, kata Edwin, proses produksi dan editing film ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ ini selesai bertepatan dengan pendaftaran Festival Locarno dibuka.

“Secara tanggal juga dekat dan juga punya tempat tersendiri,” kata dia.

Baca Juga: Film "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" Tayang Perdana di Locarno Film Festival 2021

Edwin juga mengatakan bahwa pendaftaran film ke Festival Locarno ini cukup mudah, hanya mengisi form pendaftaran secara online melalui website dan mengirimkan filmnya.

Ia mengaku senang film yang berjudul internasional ‘Vengeance Is Mine, All Others Pay Cash’ ini berhasil mendapat penghargaan setelah bersaing dengan film karya sineas dari berbagai pelosok dunia, termasuk film ‘Zeros and Ones’ karya actor Ethan Hawke.

Kini, Edwin menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil mearih Golden Leopard. Namanya bersanding dengan sutradara internasional seperti Stanley Kubrick, Mike Leigh, Jafar Panahi, dan Jim Jarmusch.

Untuk diketahui, film ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ diperankan oleh Marthino Lio sebagai Ajo Kawir, Ladya Cheryl sebagai Iteung, Reza Rahadian sebagai Budi Baik, Ratu Felisha sebagai Jelita, dan Sal Priadi sebagai Tokek.

Baca Juga: Web Series "Kabayan Abad 2021" Tawarkan Sisi Baru Sosok Ikon Jawa Barat

Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Ajo Kawir yang mengalami impoten sejak ini. Ajo Kawir memiliki karakter jagoan dan tak ingin kalah dalam berbagai hal. Ia diceritakan jatuh cinta dengan seorang perempuan yang jago silat bernama Iteung.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x