Kompas TV nasional peristiwa

Gubernur Anies Berharap Jakarta International Stadium Lahirkan Atlet Berprestasi Dunia

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 19:48 WIB
gubernur-anies-berharap-jakarta-international-stadium-lahirkan-atlet-berprestasi-dunia
Gubernur Anies Baswedan dalam Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI, Balai Kota Jakarta, Selasa (17/8/2021) (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berharap Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi tempat lahirnya atlet berprestasi di taraf internasional melalui upaya kolaborasi semua pihak. 

“Lokasinya standar internasional, prestasinya harus internasional,” kata Anies ketika menyaksikan penandatanganan kerja sama Jakpro dengan PSSI di JIS, Jakarta, Selasa (17/8/2021) seperti dikutip dari Antara.

Menurut Anies, atlet perlu dibina dengan sistem meritokrasi atau sistem yang berdasarkan kemampuan atau prestasi seseorang, bukan berdasarkan latar belakang sosial atau ekonomi.

Sebagai contoh, kata Anies, Brazil yang membina pemain sepak bola dengan 100 persen sistem meritokrasi sehingga pemain Brazil banyak berprestasi di ajang sepak bola dunia seperti Piala Dunia. 

"Selama kegiatan pengembangan olahraga harus mengandalkan latar belakang keluarga maka kita akan sulit menumbuhkan atlet kelas dunia,” ucap Anies.

Baca Juga: Jadi Program Prioritas Anies, JIS dan Revitalisasi TIM Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

Anies juga berharap, negara dan pemerintah dapat memfasilitasi pemanfaatan tempat untuk latihan.

“Karena mengelola lapangan seperti ini perlu biaya, mengelola lembaga pendidikan olahraga perlu biaya, bila itu tidak diambil alih oleh tangan negara, maka kita tidak akan mungkin memunculkan pribadi terbaik untuk menjadi atlet,” kata Anies. 

Pria yang pernah menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengatakan, kerja sama antara Jakpro selaku pengelola JIS dengan PSSI akan menjadi babak baru kolaborasi untuk meningkatkan prestasi olahraga khususnya sepak bola.

Jakpro, lanjut dia, juga diharapkan menjaga perawatan JIS termasuk lapangannya sebagai sarana latihan hingga kegiatan olahraga.

"Bibit baik dari rumah, tanah subur tempat pelatihan itu tanggung jawab kita, iklimnya pemerintah, KONI, PSSI sama-sama bangun iklim sehat sehingga mereka bisa tumbuh,” katanya.

Baca Juga: Peringatan HUT Ke-76, Anies Ajak Masyarakat Bersatu Berjuang Melawan Pandemi Covid-19

 

 

 



Sumber : Kompas TV/ANTARA

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.