Kompas TV nasional peristiwa

Moment Upacara Penurunan Bendera Merah Putih HUT ke-76 RI di Istana Merdeka

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 18:58 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sama halnya dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih pagi tadi (17/08/2021).

Upacara penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka dihadiri oleh jumlah tamu yang terbatas dan berlangsung khidmat.  

Mengacu pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di tahun-tahun sebelumnya, pada upacara penurunan bendera presiden dan wakilnya sudah tidak lagi menggunakan pakain adat.

Terlihat Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggunakan pakaian sipil lengkap yaitu setelan jas berwarna hitam.

Saat pagi tadi tim pengibar bendera dipercayakan pada tim Tangguh dan untuk penurunan bendera dipercayakan pada tim Tumbuh.

Nama tersebut disesuaikan dengan tema Hari Kemerdekan ke-76 Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Seperti yang dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kolonel Infanteri Faisol Izuddin Karimi yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1999 bertindak sebagai Komandan Upacara.

Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya kembali bertindak sebagai Perwira Upacara pada Selasa sore.

Pembawa Bendera Merah Putih dipercayakan pada Qyara Maharani Putri dari Provinsi Jawa Barat

Selain itu, ada tiga orang lainnya dari tim Indonesia Tumbuh yang bertugas untuk menurunkan bendera. Mereka yakni M Bimantara Widyanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatra Barat, Haafiz Habibullah sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur, dan Zaidaan Kamal Anwar sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.