Kompas TV regional kriminal

Lagi! Gajah di Aceh Timur Dibunuh dan Diambil Gadingnya, Polisi: Pelaku Gunakan Racun

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 18:18 WIB
lagi-gajah-di-aceh-timur-dibunuh-dan-diambil-gadingnya-polisi-pelaku-gunakan-racun
Ilustrasi Gajah Sumatera. Indro, satu dari dua ekor gajah binaan Tim Elephant Flying Squad, tiba di Kecamatan Peranap untuk menghalau enam Gajah Sumatera liar di Kabupaten Inhu, Riau. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

ACEH TIMUR, KOMPAS.TV - Aparat keamanan berhasil menangkap lima tersangka pembunuh gajah di kawasan perkebunan kelapa sawit PT Bumi Flora, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Senin (16/8/2021).

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan, pembunuhan gajah tersebut dilakukan oleh para pelaku dengan menggunakan racun supaya gadingnya dapat diambil dan dijual.

"Tim Polres Aceh Timur dan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Aceh sudah mendatangi lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara serta nekropsi," kata Winardy, dikutip dari Kompas.com, Selasa (17/8/2021).

"Dari situ disimpulkan gajah ini dibunuh (dengan racun), lalu akan dilakukan lagi uji laboratorium forensik (untuk memastikannya)," sambungnya.

Baca Juga: 50 Gajah Selamat dari Kebakaran Hutan dan Lahan di Kawasan Konservasi Padang Sugihan

Winardy menerangkan, dalam melancarkan aksinya, kelima tersangka yang merupakan warga Kabupaten Aceh Timur tersebut saling berbagi tugas.

Sebagai eksekutor, JN (35) bertugas meracuni dan memotong leher gajah, sementara rekannya yakni EM (41), SN (33), JZ (50), dan RA (46) berperan menjual gading hewan mamalia darat terbesar itu.

Namun, Winardy menyebutkan, masih ada satu tersangka yang belum ditangkap dan kini berstatus buron dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Aceh.

"Satu lagi (tersangka) masih kami telusuri dan buru sampai ketemu. Identitas dan ciri-ciri tersangka ini sudah diketahui," jelasnya.

Baca Juga: Gajah Jantan Lahir Di Suaka Margasatwa Padang Sugihan Sumsel

Sebelumnya, pada 12 Juli 2021, dilaporkan ada seekor gajah mati dengan kondisi mengenasakan di perkebunan kelapa sawit swasta di pedalaman Aceh Timur.

Oleh warga sekitar, gajah mati tersebut telah ditemukan dengan kondisi yang memprihatinkan yakni tanpa kepala.

Warga yang melihat kejadian tersebut lantas melaporkannya ke Polsek dan Koramil Banda Alam, Aceh Timur.

Peristiwa itu pun disebut sebagai aksi pembunuhan yang paling sadis dalam riwayat kematian gajah di Kabupaten Aceh Timur sepanjang 10 tahun terakhir.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x