Kompas TV nasional peristiwa

Mengenakan Busana Madura Saat Upacara di Istana, Ketua DPD RI: Bukti Kekayaan Budaya Nusantara

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 14:57 WIB
mengenakan-busana-madura-saat-upacara-di-istana-ketua-dpd-ri-bukti-kekayaan-budaya-nusantara
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengenakan pakaian adat Madura, Jawa Timur, saat mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 di Istana Merdeka, Jakarta. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengenakan pakaian adat Madura, Jawa Timur, saat mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 di Istana Merdeka, Jakarta.

Menurut LaNyalla, peringatan kemerdekaan merupakan momentum yang bagus untuk memperlihatkan kekayaan budaya Nusantara.

"Ini adalah momen bagus untuk memperlihatkan kepada dunia betapa kaya dan beragamnya budaya Nusantara. Semua itu melebur menjadi satu, yaitu Indonesia," kata LaNyalla dalam keterangan tertulis, Selasa (17/8/2021).

Mengenakan busana adat Madura, LaNyalla tampil dengan kaus warna belang merah putih yang dipadankan dengan baju dan celana hitam longgar sepanjang antara lutut dan mata kaki.

Kesan Madura yang digunakan LaNyalla dilengkapi dengan penutup kepala berbahan dasar kain yang disebut odheng, sabuk katemang, termasuk trompa atau alas kaki.

Mengenai trompa yang digunakan, Senator asal Jawa Timur itu meminta masyarakat melihatnya secara bijak.

Baca Juga: Pimpin Upacara HUT RI di Donohudan, Ganjar: Saya Memberi Hormat Setinggi-tingginya untuk Nakes

"Tapi lebih baik kita tidak melihat secara terpotong mengenai pakaian adat ini. Lihatlah kemasan tersebut secara utuh dan semangat yang melatarbelakanginya,” tambah LaNyalla.

Menurut LaNyalla, sikap tersebut merupakan bentuk dari apresiasi atau penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai adat Madura.

Menggunakan sandal atau trompa, lanjut LaNyalla, merupakan bagian dari upaya menghargai nilai sakral adat Madura.

Tak hanya itu, LaNyallah juga menilai kebiasaan menggunakan pakaian adat bisa mengangkat level kebudayaan daerah.

Bahkan bisa mendorong pengakuan bahwa Indonesia memiliki kekayaan adat istiadat dan budaya yang beragam.

"Dunia akan menyorot, akan memberitakan pakaian yang kita kenakan. Dari situlah ada pengakuan jika Indonesia memiliki kekayaan adat istiadat dan budaya yang sangat beragam. Ini adalah salah satu upaya untuk melestarikan," tuturnya.

Baca Juga: Pemakaian Baju Adat Lampung Jokowi Saat Upacara HUT ke-76 RI Dikoreksi Andi Arief

Selain LaNyalla, para tamu undangan yang datang di Istana Merdeka, hampir semuanya mengenakan busana adat Nusantara. Salah satunya, Ketua DPR RI Puan Maharani yang mengenakan busana adat Minangkabau, Sumatera Barat.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat Pepadun dari Provinsi Lampung dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenakan busana adat Sunda dari Sukabumi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x