Kompas TV nasional update

Rangkaian Momen Upacara HUT ke-76 RI di Istana Merdeka

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 13:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahun 2021 ini, menjadi tahun kedua peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di masa pandemi.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini, upacara Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-76 Indonesia di Istana Merdeka, hanya dihadiri oleh petugas upacara.

Seluruh undangan peserta upacara hadir secara virtual.

Upacara pengibaran bendera pusaka tahun ini, diikuti oleh 40.000 undangan upacara virtual.

Presiden Joko Widodo, yang hari ini mengenakan busana adat lampung, bertindak sebagai inspektur upacara, didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang mengenakan busana adat Sunda.

Sementara itu, bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Pnb Putu Sucahyadi. Adapun peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilakukan tepat pukul 10.10 WIB yang ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali.

Setelah itu dilanjutkan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Saat dibacakan, naskah proklamasi yang merupakan tulisan tangan Soekarno pun ikut ditampilkan.

Naskah tersebut merupakan naskah asli yang ditulis Soekarno setelah dirumuskan dan sebelum dibuat salinannya dalam bentuk ketikan oleh Sayuti Melik.

Setelahnya, dilakukan prosesi pengibaran bendera Merah Putih oleh Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Selasa, 17 Agustus 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.