Kompas TV nasional peristiwa

[Full] Dentuman Meriam Tandai Detik-Detik Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 12:01 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-76 Indonesia berlangsung pada pukul 09.00 WIB.

Upacara ini dimulai dengan ditandai dentuman meriam. Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara memimpin jalannya peringatan HUT Ke-76 RI pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani bertindak sebagai pembaca Teks Proklamasi dalam Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga: Potret Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Lampung di HUT ke-76 RI

Menurut Puan, tugas membacakan Teks Proklamasi memiliki makna tersendiri karena sang kakek, Presiden pertama RI Soekarno, merupakan sosok yang membacakan naskah proklamasi tersebut sebagai tanda kemerdekaan Indonesia, 76 tahun yang lalu.

"Tugas ini dipercayakan kepada saya kan terkait posisi saya selaku Ketua DPR RI," kata Puan dalam keterangan tertulis, Selasa.

"Namun saya termasuk orang yang tidak percaya begitu saja akan sebuah kebetulan belaka, bahwa kakek saya saat itu yang didaulat membacakan teks proklamasi dan 76 tahun kemudian cucu perempuannya yang didaulat untuk membacakan teks yang sama," ujar dia.

Video Editor: Faqih Fisabillillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x