Kompas TV regional peristiwa

Peringatan HUT Ke-76, Anies Ajak Masyarakat Bersatu Berjuang Melawan Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 10:34 WIB
peringatan-hut-ke-76-anies-ajak-masyarakat-bersatu-berjuang-melawan-pandemi-covid-19
Gubernur Anies Baswedan dalam Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI, Balai Kota Jakarta, Selasa (17/8/2021) (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan berjuang dalam melawan pandemi Covid-19 pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Anies memimpin upacara peringatan yang berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa pagi (17/8/2021).

Anies menyampaikan bahwa dalam kondisi pandemi, semua harus bersatu dan berkolaborasi. 

“Dengan pandemi sebagai cermin, kita diingatkan bahwa keselamatan di atas semua. Artinya apapun boleh berbeda tapi begitu menyangkut keselamatan sesama, kita harus bersatu, berkolaborasi. Karena yang kita hadapi tak membeda-bedakan,” kata Anies dalam pidatonya. 

Ia pun menekankan bahwa Pemprov DKI terus berusaha melindungi masyarakatnya, salah satunya melalui vaksinasi, di mana Pemprov DKI Jakarta memberikan vaksin tak hanya untuk warga yang ber-KTP DKI Jakarta, tetapi semua yang berkegiatan di Jakarta.

“Kita melindungi semua kita tak melihat status KTP dan status ekonomi. Ketika ada yang membutuhkan perlindungan kesehatan, termasuk vaksinasi, siapa pun kita berikan. Prinsip yang kami pegang adalah kemanusiaan yang adil dan beradab,” kata Anies. 

Baca Juga: Bacakan Teks Proklamasi yang Ditulis dan Dibaca Soekarno, Ini Kata Puan Maharani

Anies mengibaratkan pandemi seperti bagaimana para pejuang berusaha mendapatkan kemerdekaan Indonesia di zaman dahulu. 

“Sebagaimana kita menghadapi kolonial, kita harus tunjukkan kita mampu di generasi ini. Bayangkan itu butuh stamina yang luar biasa menghadapi kekuatan kolonial, ” ujarnya. 

Pandemi ibarat tantangan yang juga memerlukan stamina panjang hingga tahunan. Karena itulah Anies mengajak agar semua bersatu melewati ini bersama-sama. 

“Kita dihadapkan dengan tantangan yang butuh stamina panjang, pandemi setiap hari, pekan, bulan bahkan tahun. Stamina kita diuji, kita tunjukkan bahwa republik ini masih punya pejuang sebagaimana perintis kemerdekaan. Kita tunjukkan bahwa kita akan mampu melewati ini, semua sekali lagi tempatkan keselamatan sebagai prioritas utama,” ujarnya. 

Anies juga mengajak untuk lebih memaknai teks proklamasi sebagai kesatuan bangsa. Anies mengatakan kemerdekaan berarti menggelar keadilan sosial dan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Kita ingin dengan merdeka, kita rasakan keadilan sosial dan kesejahteraan. Itulah sebabnya ketika kita peringati kemerdekaan. Ingatlah bahwa ini adalah perjuangan seluruh bangsa, ingatlah ini adalah tanggung jawab kita untuk menuntaskan janji-janji kemerdekaan, yakni melindungi, menghadirkan keadilan sosial, dan memajukan kesejahteraan umum,” kata Anies. 

Baca Juga: Wacana Amandemen UUD 1945, Pengamat: Baunya Amis, Hanya Kepentingan Agenda Elite

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x