Kompas TV nasional berita utama

Tanggapi Pidato Kenegaraan Presiden, ICW: Jokowi Mengesampingkan Komitmen Memerangi Korupsi

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 07:01 WIB
tanggapi-pidato-kenegaraan-presiden-icw-jokowi-mengesampingkan-komitmen-memerangi-korupsi
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kemerdekaan dalam rangka Hut Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR-DPD, Jakarta, Senin (16/8/2021). (Sumber: AGUS SUPARTO FOTOGRAFER JOKOWI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Indonesia Corruption Watch (ICW) kecewa Presiden Joko Widodo tidak menyertakan isu korupsi dalam pidato kenegaraan dalam rangka perayaan kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia di gedung DPR.

Hal tersebut disampaikan oleh peneliti ICW Kurnia Ramadhana melalui keterangan tertulis yang diterima KOMPAS TV, Senin (16/8/2021).

“Dari sekian banyak halaman pidato kenegaraan itu, terdapat satu isu krusial, yakni hilangnya pembahasan terkait pemberantasan korupsi,” kata Kurnia Ramadhana.

“Tentu ini mengindikasikan bahwa pemerintah kian mengesampingkan komitmennya untuk memerangi kejahatan korupsi.”

Menurut Kurnia, dengan situasi terkini sulit untuk tidak mengatakan bahwa masa depan pemberantasan korupsi semakin mengkhawatirkan.

Baca Juga: Ungkap Alasan Jokowi Tidak Singgung HAM dan Antikorupsi di Sidang MPR, Istana: Terbatas Waktu

Penilaian tersebut, sambung Kurnia, merujuk pada Indeks Persepsi Korupsi Transparency International, peringkat dan IPK Indonesia yang justru semakin memburuk, dari angka 40 pada 2019, menjadi angka 37 pada 2020.

“Hal ini telah menggambarkan secara gamblang kekeliruan pemerintah dalam merumuskan kebijakan pemberantasan korupsi,” ujarnya.

“Alih-alih memperkuat, yang terjadi justru sebaliknya, pemerintah menjadi salah satu dalang di balik melemahnya agenda pemberantasan korupsi.”

Bagi ICW, lanjut Kurnia, selama kurun waktu satu tahun terakhir, masyarakat dapat dengan mudah mengidentifikasi serangkaian kebijakan pemerintah yang bertolak belakang dengan agenda pemberantasan korupsi.

“Tak hanya itu, pemerintah juga bisa dipandang gagal dalam menangani pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama satu setengah tahun ke belakang,” katanya.

Baca Juga: Viral Akun Twitter Hina Jokowi Pakai Baju Adat Badui, Kalimatnya Dianggap Melecehkan

Seperti diketahui, dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi kemarin menitikberatkan bagaimana komitmen pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Tidak ada sikap pemerintah dalam pidato kenegaraan yang membahas isu korupsi di tanah air.

Presiden Jokowi hanya memastikan, walaupun pemerintah berkonsentrasi dalam menangani permasalahan kesehatan, tetapi perhatian terhadap agenda-agenda besar menuju Indonesia Maju tidak berkurang sedikit pun.

Meski demikian, dalam agenda-agenda besar menuju Indonesia Maju, tidak juga disebutkan bagaimana komitmen pemerintah terhadap isu korupsi di tanah air.

“Walaupun kita sangat berkonsentrasi dalam menangani permasalahan kesehatan, tetapi perhatian terhadap agenda-agenda besar menuju Indonesia Maju tidak berkurang sedikit pun,” tegas Presiden Jokowi.

“Pengembangan SDM berkualitas tetap menjadi prioritas. Penyelesaian pembangunan infrastruktur yang memurahkan logistik, untuk membangun dari pinggiran dan mempersatukan Indonesia, terus diupayakan,”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x