Kompas TV internasional kompas dunia

Helikopter Jatuh dan Tenggelam di Danau Kurile di Kamchatka Rusia, 8 Tewas

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 03:18 WIB
helikopter-jatuh-dan-tenggelam-di-danau-kurile-di-kamchatka-rusia-8-tewas
Sejumlah personel tanggap darurat tampak bekerja di dekat lokasi kecelakaan helikopter yang tenggelam di Danau Kurile di cagar alam Kronotsky di Semenanjung Kamchatka, Rusia, Kamis (12/8/2021). Sebanyak 8 jenazah korban tewas dalam kecelakaan itu telah ditemukan pada Senin (16/8/2021). (Sumber: Kamchatka regional government via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV – Sebanyak 8 jenazah korban kecelakan jatuhnya helikopter turis di kawasan timur jauh Rusia, Kamchatka, telah ditemukan. Hal itu diungkapkan pihak berwenang setempat pada Senin (16/8/2021).

Dari seluruh korban tewas, 5 jenazah telah dievakuasi, sementara 3 jenazah lainnya masih berada dalam reruntuhan helikopter yang tenggelam di kedalaman danau kawah gunung berapi itu.   

Melansir Associated Press pada Selasa (17/8/2021), helikopter Mi-8 bermuatan 16 orang itu mengalami kecelakaan pada Kamis (12/8/2021) di Semenanjung Kamchatka.

Sebanyak 8 orang berhasil menyelamatkan diri saat helikopter mulai tenggelam. Mereka diselamatkan oleh para petugas cagar alam Kronotsky, yang bergegas menyambangi lokasi kecelakaan menggunakan kapal.

Baca Juga: Tragedi Uji Coba Helikopter Buatan Sendiri, Pria Ini Tewas Usai Baling-Baling Hantam Kepalanya

Gubernur Kamchatka Vladimir Solodov mengatakan pada Senin (16/8/2021), puing reruntuhan helikopter yang berisi sejumlah jenazah, berada di kedalaman 120 meter. Pihak berwenang tengah bekerja untuk mengeluarkan helikopter itu dari Danau Kurile.

Sejumlah personel tanggap darurat tampak bekerja di dekat lokasi kecelakaan helikopter yang tenggelam di Danau Kurile di cagar alam Kronotsky di Semenanjung Kamchatka, Rusia, Kamis (12/8/2021). (Sumber: Russian Emergency Ministry Press Service via AP)

Kamchatka, semenanjung yang masih asri dengan sejumlah gunung berapinya itu, dikenal karena keindahannya dan kekayaan satwa liarnya. Danau Kurile di cagar alam Kronotsky di semenanjung ini memiliki kedalaman hingga 316 meter dan luas 77 kilometer persegi.

Baca Juga: Helikopternya Ditembak, Presiden Kolombia Selamat

Pihak berwenang telah melarang Vityaz-Aero untuk mengangkut penumpang, sementara menunggu penyelidikan tentang kemungkinan adanya pelanggaran aturan keselamatan.

Vityaz-Aero adalah maskapai setempat yang mengoperasikan helikopter yang jatuh. Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar dari beberapa kelompok penerbangan setempat yang menerbangkan turis ke cagar alam Kronotsky.

Cagar alam ini merupakan objek wisata utama yang memiliki satu-satunya cekungan mata air panas di Rusia.

Solodov mengimbuhkan, akibat operasi evakuasi bangkai helikopter, akses menuju Danau Kurile bagi wisatawan akan dibatasi paling tidak selama seminggu.

 

 

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x