Kompas TV nasional peristiwa

Pidato Jokowi Disorot karena Tak Bahas Soal Korupsi, Akademisi: Indonesia Sedang Tak Baik-Baik Saja

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 15:57 WIB
pidato-jokowi-disorot-karena-tak-bahas-soal-korupsi-akademisi-indonesia-sedang-tak-baik-baik-saja
Presiden Jokowi Menyampaikan Pidato Dalam Rangka Hut Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, Senin (16/8/2021). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pidato Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Senin (16/8/2021) menjadi sorotan sejumlah pihak.

Salah satunya oleh Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ahmad Tholabi Kharlie.

Baca Juga: Detik-Detik Pasukan TNI Disergap Saat Patroli, KKB Langsung Menembak Letda Rudi Sipayung

Ia menyoroti dan menyayangkan absennya isu pemberantasan korupsi dalam pidato Presiden Jokowi di sidang Tahunan MPR tersebut

"Sangat disayangkan, isu tentang pemberantasan korupsi absen dalam pidato presiden pada sidang tahunan MPR tahun 2021 ini," kata Tholabi melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin (16/8/2021).

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum tersebut mengigatkan bahwa masalah korupsi menjadi hal krusial yang dihadapi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Fadli Zon Sayangkan Pidato Jokowi Tak Ada Permintaan Maaf atas 120 Ribu Wafat

Dalam survei Transparency Internasional pada 2020, indeks persepsi korupsi di Indonesia melorot dari poin 40 pada 2019 menjadi 37 pada 2020.

Ketua Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia itu menambahkan, peringkat Indonesia dalam pemberantasan korupsi berada di rangking 102 dari 180 negara yang disurvei.

Terlebih, dua pembantu Presiden Jokowi yakni mantan Menteri Sosial, Juliari Batubara dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terlibat kasus korupsi.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.