Kompas TV nasional budaya

Karya Bersama NASA Jadi NFT Pertama Venzha Christ

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 17:41 WIB
karya-bersama-nasa-jadi-nft-pertama-venzha-christ
Venzha Christ bersama rekannya di v.u.f.o.c lab, studio tempat berkarya dan berdiskusi (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Venzha Christ, seniman yang bergerak di bidang space art, untuk pertama kalinya merilis Non-Fungible Token (NFT) berjudul humanradio_NASAproject#01.

Perayaan NFT pertama Venzha Christ ini melalui acara yang disiarkan aplikasi Clubhouse, Jumat, 13 Agustus 2021 berjudul Venzha Christ HENesis NFT Drop Party. 

Kegiatan ini menjadi selebrasi berupa presentasi dan diskusi terbuka tentang karya pertama dari seorang Venzha Christ yang dikenal sebagai seniman yang sangat dekat dengan dunia space science dan space exploration.

Acara yang dipandu oleh Dettytoski, Irvin Domi, Sudjud Dartanto, dan Indonesia Art Network (IAN) ini berlangsung
sangat menarik dengan berbagai pertanyaan serta perbincangan seputar ekosistem NFT.

NFT ini menampilkan blueprint 3D animasi dari karya live performance pada 2017. Ketika itu, ia menggelar sebuah perhelatan bersama lembaga antariksa Amerika, NASA di ArtScience Museum yang dimulai sejak 2016.

Karya yang berjudul asli Listening For The Dark ini menampilkan sebuah antena besar yang dihubungkan dengan tubuh manusia sebagai medium sensornya. 

Baca Juga: VMARS, Bukti Indonesia Ikut dalam Eksplorasi Mars

Antena ini bertugas untuk menangkap frekuensi dari luar Planet Bumi dan diperdengarkan secara live atau langsung sebagai sebuah komposisi musik eksperimental.

Karya blueprint 3D animasi untuk minting pertama Venzha Christ di NFT dengan judul humanradio_NASAproject#01 (Sumber: istimewa)

Karya live performance ini sebenarnya adalah salah satu rangkaian dari sebuah pameran besar NASA yang mengundang Venzha Christ sebagai satu-satunya seniman yang berkolaborasi.

Untuk pameran besar ini Venzha Christ membangun dan menampilkan karya berupa instalasi DIY Radio Astronomy beserta dengan visualisasi frekuensi yang bisa dilihat dan diperdengarkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x