Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Nyatakan Perang Sudah Usai, Harapkan Hidup Damai dan Tidak Ingin dalam Isolasi Internasional

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 09:24 WIB
taliban-nyatakan-perang-sudah-usai-harapkan-hidup-damai-dan-tidak-ingin-dalam-isolasi-internasional
Jajaran komandan kelompok Taliban beserta pengawal tampak di ruang kerja presiden Afghanistan. Kelompok Taliban telah sepenuhnya menguasai Kabul, ibukota Afghanistan, hari Minggu, 15 Agustus 2021. (Sumber: AP Photo/Zabi Karimi)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

KABUL, KOMPAS.TV - Taliban menyatakan perang di Afghanistan telah berakhir setelah gerilyawan menguasai istana kepresidenan di Kabul saat pasukan pimpinan AS pergi dan negara-negara Barat bergegas pada Senin 16/08/2021) untuk mengevakuasi diplomat dan warganya.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melarikan diri dari negara itu pada hari Minggu ketika gerilyawan Islam memasuki kota, mengatakan dia ingin menghindari pertumpahan darah sementara ratusan warga Afghanistan putus asa untuk meninggalkan bandara Kabul yang kebanjiran.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada Senin pagi hampir semua personel kedutaan, termasuk Duta Besar Ross Wilson, sudah berada di bandara dan bendera Amerika telah diturunkan dan dipindahkan dari kompleks kedutaan.

"Hari ini adalah hari besar bagi rakyat Afghanistan dan mujahidin. Mereka telah menyaksikan buah dari upaya dan pengorbanan mereka selama 20 tahun," kata Mohammad Naeem, juru bicara kantor politik Taleban, kepada Al Jazeera TV. "Alhamdulillah perang di negara ini sudah berakhir."

Mr Naeem mengatakan jenis dan bentuk rezim baru di Afghanistan akan segera dibuat jelas, menambahkan Taliban tidak ingin hidup dalam isolasi dan menyerukan hubungan internasional yang damai.

"Kami telah mencapai apa yang kami cari, yaitu kebebasan negara kami dan kemerdekaan rakyat kami," katanya.

"Kami tidak akan mengizinkan siapa pun menggunakan tanah kami untuk menargetkan siapa pun, dan kami tidak ingin menyakiti orang lain."

Baca Juga: Pemerintahan Joe Biden Kaget Afghanistan Jatuh Begitu Cepat ke Tangan Taliban, Akui Ada Miskalkulasi

Presiden Joe Biden berbicara di Treaty Room saat mengumumkan penarikan pulang tentara AS dari Afghanistan, 14 April 2021. (Sumber: AP Photo/Andrew Harnik, Pool, File)

Di Washington, pengkritik keputusan Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk mengakhiri perang terpanjang Amerika, yang diluncurkan setelah serangan 11 September 2001, mengatakan kekacauan itu disebabkan oleh kegagalan kepemimpinan Joe Biden.

Diplomat Amerika diterbangkan dengan helikopter ke bandara dari kedutaan mereka di distrik Wazir Akbar Khan yang dibentengi ketika pasukan Afghanistan, dilatih selama bertahun-tahun dan dilengkapi oleh AS dan lainnya dengan biaya miliaran dolar, menghilang begitu saja.

Di bandara Kabul, ratusan warga Afghanistan yang putus asa berusaha melarikan diri dari negara itu sedang menunggu penerbangan, beberapa menyeret barang bawaan melintasi landasan pacu dalam kegelapan sementara wanita dan anak-anak tidur di dekat koridor keamanan.

Sebuah sumber di bandara mengatakan beberapa bentrokan pecah di antara orang-orang yang tidak bisa mendapatkan tempat karena keberangkatan dihentikan.

Televisi lokal 1TV melaporkan beberapa ledakan terdengar di ibu kota setelah gelap, tetapi kota itu sebagian besar sunyi pada siang hari pada hari Minggu.

Kelompok bantuan Darurat mengatakan 80 orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakitnya di Kabul, dengan kapasitas maksimum, dan hanya menerima orang-orang dengan cedera yang mengancam jiwa.

Dalam sebuah posting Facebook, Ghani mengatakan dia telah meninggalkan negara itu untuk menghindari bentrokan dengan Taliban yang akan membahayakan jutaan penduduk Kabul.

Dia tidak mengatakan di mana dia berada dan tidak jelas ke mana dia menuju atau bagaimana tepatnya kekuatan akan ditransfer setelah serangan kilat Taliban di Afghanistan.



Sumber : Kompas TV/Straits Times via Reuters

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.