Kompas TV olahraga kompas sport

Profil Gerd Muller: Si Bom di Kotak Penalti Lawan yang Berhenti Meledak

Kompas.tv - 15 Agustus 2021, 20:45 WIB
profil-gerd-muller-si-bom-di-kotak-penalti-lawan-yang-berhenti-meledak
Legenda sepak bola Jerman Gerhard "Gerd" Muller. (Sumber: Sky Sports)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

MUNICH, KOMPAS.TV - Legenda sepak bola Jerman, Gerd Muller meninggal dunia di usia 75 tahun pada Minggu (15/8/2021) malam waktu indonesia.

Pemilik nama lengkap Gerhard Muller lahir di kota kecil Nordlingen bagian dari Bavaria, 145 km barat daya kota Munchen pada 3 November 1945. 

Awal karier sepak bolanya dimulai di klub TSV 1861 Nordlingen pada 1958. Muller perlu 5 musim untuk menembus skuad utama. 

Baca Juga: Legenda Bayern Munchen dan Timnas Jerman Gerd Muller Meninggal Dunia

Pada periode 1963-1964, Muller mampu menembus tim utama Nordlingen. Dirinya memainkan 31 laga di Bezirksliga Schwaben (saat itu adalah divisi tujuh liga Jerman) dan mencetak 52 gol. 

Kemudian Muller bergabung dengan Bayern Munchen pada akhir musim 1964, di mana dia akan bermain dengan bintang masa depan Jerman macam Sepp Maier dan Franz Beckenbauer. 

Munchen saat itu masih bermain di Regionalliga Sud, yakni kompetisi liga yang berada satu tingkat di bawah Bundesliga.

Setelah satu musim berlalu, Munchen berhasil promosi ke Bundesliga. Muller sendiri memberikan impresi sensasional degan torehan 39 gol dari 32 laga di musim perdananya. 

Pada musim perdananya di Bundesliga, koleksi gol Muller hanya mencapai 15 gol dari 33 pertandingan dan belum mampu membawa Die Bavarian juara. 

Kendati gagal di ajang liga, Muller sanggup membantu Munchen meraih gelar DFB Pokal 1965/66.

Setelah mampu beradaptasi, Muller dan Bayern Munchen seakan tidak terbendung di Bundesliga hingga akhir era 1970-an. Muller empat kali memenangkan Bundesliga, empat DFB Pokal, serta tiga European Champions Cup (Liga Champions).

Si Bom di Kotak Penalti Lawan

Muller dikenal sebagai penyerang oportunis di kotak penalti lawan. Ketika mendapat bola di area penalti, Muller hampir pasti meledak dan mencetak gol. Dia mendapat julukan Der Bomber. 

Semasa membela Bayern Munchen, dirinya telah mengumpulkan 365 gol dari 427 pertandingan Bundesliga. Hingga saat ini, dirinya masih berstatus sebagai top skor sepanjang masa Bayern Munchen.

Pada musim Bundesliga musim 1971/72, Muller membuat rekor sebagai pemain yang mampu mencetak 40 gol dalam satu musim kompetisi. Rekor tersebut baru bisa dipecahkan striker Munchen saat ini, Robert Lewandowski yang membuat 41 gol di Bundesliga 2020/21. 



Sumber : Transfermarkt/ Bleacher Report/ de.uefa.com/ FIFA,com

BERITA LAINNYA



Close Ads x