Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Berpotensi Lebih Kotor dari Kloset, Ini Tips Membersihkan Lap Dapur dari Bakteri

Kompas.tv - 15 Agustus 2021, 00:59 WIB
berpotensi-lebih-kotor-dari-kloset-ini-tips-membersihkan-lap-dapur-dari-bakteri
ILUSTRASI: Dapur Bersih. (Sumber: PIXBAY/STUX)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dilansir dari berita Kompas.com, Minggu (8/8/2021), sebuah penelitian menunjukkan bahwa lap dapur merupakan benda yang paling banyak menyimpan bakteri di rumah.

Bahkan, di beberapa kasus, lebih kotor dari kloset.

Studi tersebut menemukan bahwa 100 persen lap dapur sangat terkontaminasi dan ditemukan sebagai benda paling kotor di rumah serta dapat menampung bakteri berbahaya yang resisten terhadap berbagai obat.

Karena itu, mencuci lap dapur merupakan hal yang sangat penting dilakukan paling tidak dua kali dalam seminggu.

Dapur menjadi area di rumah yang rentan kotor. Noda minyak, sisa-sisa makanan, serta kotoran lainnya banyak menempel di kompor, meja, ataupun lantai dapur.

Karena itu, dapur harus rajin dibersihkan. Untuk membersihkannya, orang biasanya menggunakan lap dapur sehingga lap menjadi kotor, bau, bahkan menjadi sarang bakteri bila jarang dicuci.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Ini Cara Membersihkan Paru-Paru secara Alami

Agar bersih dan sehat, berikut tiga cara mencuci lap dapur:

1. Gunakan mesin cuci

Seperti benda berbahan kain lainnya, lap atau serbet dapur juga bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci. Namun untuk membersihkan lap dapur dengan mesin cuci, jangan tambahkan dengan detergen.

Sebagai gantinya, tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke dalam cucian. Cuka akan membantu menghilangkan detergen, kotoran tubuh, dan pelembut kain yang tersangkut di kain. Kemudian, selesaikan siklus pencucian.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x