Kompas TV nasional kesehatan

Kenali 3 Gejala Umum Diabetes Tipe-2: Termasuk Penurunan Berat Badan Secara Tiba-tiba

Kompas.tv - 14 Agustus 2021, 19:00 WIB
kenali-3-gejala-umum-diabetes-tipe-2-termasuk-penurunan-berat-badan-secara-tiba-tiba
Ilustrasi diabetes (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Diabetes mengacu pada sekelompok penyakit yang mempengaruhi bagaimana tubuh menggunakan gula darah atau glukosa.

Penyebab yang mendasari penyakit ini bervariasi menurut jenisnya, tipe 1 dan 2.

Namun apa pun jenis diabetes, yang terjadi ialah kelebihan gula dalam darah dan hal ini akan memunculkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Salah satunya penyakit kardiovaskular.

Kardiovaskular sebagai penyebab morbiditas dan mortalitas tertinggi pada penderita diabetes.

Mereka dengan diabetes dua kali lebih mungkin mengalami penyakit jantung atau stroke daripada seseorang yang tidak menderita diabetes.

Penyakit kardiovaskular yang sering terjadi sebagai komplikasi pada diabetes adalah penyakit jantung koroner (PJK), stroke dan penyakit arteri perifer (PAP).

Baca Juga: Benarkah Mengonsumsi Nasi Dingin Lebih Cocok untuk Penderita Diabetes?

Mendeteksi sejak dini gejala diabetes akan membantu Anda untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan beberapa terapi dan prubahan pola konsumsi.

Kata dokter spesialis penyakit dalam dari Divisi Endokrin Metabolik dan Diabetes, Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr. dr. Wismandari Wisnu, Sp.PD, KEM, ada tiga gejala khas pada penyakit diabetes tipe-2 yang perlu dikenali masyarakat.

Ketiga gejala yang dimaksud yakni: turunnya berat badan tanpa penyebab yang jelas, sangat sering buang air kecil (polidipsia) dan sering merasa haus (poliura),

Dari ketiga gejala itu, lanjut dia, yang paling mudah dikenali.

"Kalau ada gejala seperti itu khas banget, udah mau usianya masih 12, 17 tahun periksa," katanya menyarankan, dilansir dari ANTARA, Sabtu (14/8/2021).

Disamping itu, tiga gejala tersebut juga perlu diwaspadai mereka dengan berat badan berlebih atau bahkan obesitas berapa pun usianya.

Lebih lanjut, dr. Wismandari mengatakan diabetes juga ditandai dengan badan terasa cepat lelah, kesemutan, gatal, pandangan kabur, gangguan ereksi pada laki-laki, serta gatal-gatal di kemaluan pada perempuan.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x