Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Kesejahteraan Saat Pandemi, Petani Tembakau Dirikan Pabrik Rokok Legal

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 15:32 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 yang serba menyulitkan semua orang ternyata tidak berpengaruh kepada seorang petani tembakau di Lumajang Jawa Timur. Ia malah mendirikan industri rokok kecil dan menengah yang mampu menyerap puluhan tenaga kerja lokal.

Petani tembakau hebat itu adalah Anang Soebagio, warga Desa Sarikemuning, Kecamatan Senduro. Ia mempekerjakan 50 orang untuk memproduksi rokok sigaret kretek secara manual.

Ide pendirian perusahan rokok berawal dari keluh kesah petani tembakau, yang merasa kemitraan petani tembakau dengan pabrik kerap mengalami pasang surut, padahal potensi berkembangnya usaha rokok besar.

Atas dasar itulah, Anang mencoba keberuntungan dengan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani tembakau. Salah satunya memproduksi rokok pada pertengahan tahun 2019.

Selanjutnya, Anang mengurus segala perizinan dan akhirnya mendapatkan nomor pokok pengusaha barang kena cukai atau NPPBKC dari kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Probolinggo.

Baca Juga: Sistem Tarif Cukai Hasil Tembakau Lemah, Peluang Penghindaran Pajak

Saat ini, Anang mampu memproduksi puluhan ribu linting rokok per minggu. Rokok yang dibuat dengan bahan baku dari Kabupaten Lumajang itu telah dikirim ke berbagai kota di Pulau Jawa dan luar Jawa, seperti Surabaya, Tangerang, Jakarta dan Sulawesi Selatan.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengapresiasi perusahaan rokok yang mampu berdiri di masa pandemi Covid-19. Hal itu menjadi bukti bahwa pandemi bukan penghalang untuk berinovasi. Bupati berharap hadirnya industri rokok berizin atau legal ini dapat mendorong produktivitas petani tembakau.

Baca Juga: Tembakau Sumbang Penerimaan Cukai Terbesar dengan Nilai Rp 88,54 Triliun di Semester I-2021

Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang, menjelaskan bawah pabrik milik pak Anang merupakan usaha menengah, yang rokoknya dengan cukai, legal dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, sehingga keberadaannya juga membantu anggaran pendapatan Negara.    

 

#PabrikRokok #PetaniTembakau #IndustriRokok #BupatiLumajang

Penulis : KompasTV Jember

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19