Kompas TV nasional sosial

Hari Pramuka 14 Agustus 2021, Begini Sejarah Gerakan Pramuka di Indonesia

Kompas.tv - 14 Agustus 2021, 08:54 WIB
hari-pramuka-14-agustus-2021-begini-sejarah-gerakan-pramuka-di-indonesia
Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hari ini, Sabtu, 14 Agustus 2021, merupakan Peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun. Pramuka sendiri merupakan Praja Muda Karana yang berarti jiwa muda yang suka berkarya.

Gerakan kepramukaan di Indonesia telah lama hadir sebelum kemerdekaan, namun baru resmi lahir pada 1961.

Berikut sejarah Hari Pramuka di Indonesia. 

Sejarah Awal Mula Pramuka

Munculnya gerakan Pramuka di Indonesia bermula dari dua orang bernama P.Y. Smits dan Majoor de Yager yang merupakan tokoh organisasi kepanduan Belanda, Nederlands Padvinders Organisatie (NPO).

Smits dan Yager pada tahun 1912 membuka cabang NPO di Jakarta yang diperuntukkan bagi remaja dan pemuda Belanda. Singkat cerita pada 1914, NPO berubah nama Nederlands Indishe Padvinders Vereniging (NIPV). Pada momentum ini, mereka mulai menerima anggota dari kalangan bumiputera.

Baca Juga: Anggota Pramuka Bagikan Masker dan Sosialisasikan Prokes

Dua tahun kemudian, pada 1916, muncul gerakan kepanduan nasional yang digagas oleh Mangkunegara VII di Surakarta, Jawa Tengah. Organisasi ini diberinama Javaanse Padvinders Organisatie (JPO).

Sejak munculnya JPO, sejumlah organisasi serupa mulai lahir. Salah satunya Hizboel Wathan yang merupakan organisasi kepanduang di bawah naungan Muhammadiyah. Selain itu, ada juga Wira Tamtama di bawah Sarekat Islam, Nationale Padvinderij di bawah Budi Otomo, hingga Jong Java Padvinderij di bawah Jong Java Mataram.

Sayangnya, gerakan di masa itu ditentang oleh pemerintahan colonial Belanda karena mendukung kemerdekaan Indonesia dan melarang penggunaan nama “padvinder” atau “padviderij”. Pada 1928, Haji Agus Salim mengusulkan nama “kepanduan” untuk menggantikan nama tersebut.

Baca Juga: Gerakan Pramuka Papua Barat Gelar Vaksinasi Sasaran Remaja

Peleburan



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.