Kompas TV nasional politik

Survei Capres Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi, Puan Maharani 0,7%

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 21:01 WIB

KOMPAS.TV - Lembaga Survei Charta Politika merilis survei terkait elektabilitas tokoh yang layak jadi Presiden dalam Pilpres 2024.

Hasilnya nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menempati urutan tertinggi.

Ganjar menempati urutan pertama dengan 16,2 persen, disusul Prabowo dengan 14,8 persen, Anies Baswedan di 14,6 persen.

Sementara elektabilitas Ridwan Kamil berada di 5,4 persen dan Sandiaga Uno berada di 4,6 persen.

Sedangkan nama petinggi partai politik seperti Puan Maharani dan Airlangga Hartarto berada di 0,7 persen.

Sementara Muhaimin Iskandar berada di 1,3 persen.

Sebelumnya sejumlah pimpinan partai politik ini juga telah memasang sejumlah baliho yang terlihat di beberapa wilayah di Jakarta dan daerah.

Terkait hasil survei Charta Politika yang menunjukkan Ganjar teratas sedangkan Puan Maharani berada di 0,7 persen, anggota DPR Fraksi PDIP, Arteria Dahlan menyebutkan jika saat ini masih terlalu dini berbicara soal Capres 2024 apalagi sampai menghadapkan Puan Maharani dengan Ganjar Pranowo. 

"Pertama, saya merasa bingung karena ini masih tahun 2021 tapi sudah berbicara Calon Presiden 2024 dan menghadap-hadapkan Puan dengan Ganjar Pranowo. Keduanya pasti akan patuh terhadap keputusan Ketua Umum PDIP nantinya. Selain itu, kami akan mengatakan keliru besar jika baliho dikaitkan dengan kepentingan elektoran karena baliho Puan tidak ditujukan untuk kepentingan elektoral apalagi meningkatkan elektabilitas" ujar Arteria Dahlan. 

Simak pembahasan selengkapnya bersama Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dan juga Anggota DPR Fraksi PDIP, Arteria Dahlan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x