Kompas TV klik360 sinau

Serba-serbi Gajah, Mamalia Darat Terbesar yang Jago Berenang

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 17:01 WIB

KOMPAS.TV - Gajah adalah mamalia darat terbesar yang keberadaannya masih eksis hingga sekarang. Tahukah kamu, meski gajah memiliki tubuh jumbo, di dunia hewan mereka adalah perenang yang andal.

Memiliki tubuh besar dengan kulit tebal justru membantu gajah mengapung dengan mudah. Jika mau, gajah mampu berenang sejauh 48 kilometer dalam sehari.

Gajah berenang dengan menenggelamkan sebagian besar tubuh dari mulut sampai kaki, dan hanya menyisakan kepala. Keempat kakinya digunakan untuk mendayung, dan tak jarang merentangkan telapak kaki untuk mendorong di air.

Belalai gajah punya peran penting saat mereka berenang, yaitu mampu berfungsi seperti alat snorkel yang memungkinkan mereka tetap bisa bernapas normal dan tak akan kepayahan ketika berenang jarak jauh.

Gajah adalah hewan yang sangat suka dengan air, mereka bisa menyelupkan wajah ke dalam air untuk waktu cukup lama. Jika cuaca sedang terik, gajah akan berendam di kubangan lumpur untuk mendinginkan tubuh dan bersantai.

Hobi bermain air sepertinya sudah ada sejak gajah masih bayi. Ketika sedang ada di kubangan kolam, bayi gajah akan naik ke punggung gajah dewasa kemudian melompat ke dalam air. Mereka juga suka bermain semprot air dengan menggunakan belalai.

Selain itu, gajah memiliki otot kaki yang kuat untuk mengayuh lama dan menyeberang ke tempat jauh.

Ketika sudah berenang lama dan cukup jauh, gajah jadi mudah lapar dan haus, sehingga mereka akan bergegas mengayuh kaki lebih cepat agar sampai daratan.

Baca Juga: Perburuan Liar Turun Drastis, Populasi Gajah di Kenya Naik 2,8 Persen per Tahun dalam 3 Dekade

https://www.kompas.tv/article/163881/perburuan-liar-turun-drastis-populasi-gajah-di-kenya-naik-2-8-persen-per-tahun-dalam-3-dekade 

(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:28
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19