Kompas TV video sinau

Serba-serbi Gajah, Mamalia Darat Terbesar yang Jago Berenang

Kompas.tv - 14 Agustus 2021, 17:01 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Gajah adalah mamalia darat terbesar yang keberadaannya masih eksis hingga sekarang. Tahukah kamu, meski gajah memiliki tubuh jumbo, di dunia hewan mereka adalah perenang yang andal.

Memiliki tubuh besar dengan kulit tebal justru membantu gajah mengapung dengan mudah. Jika mau, gajah mampu berenang sejauh 48 kilometer dalam sehari.

Gajah berenang dengan menenggelamkan sebagian besar tubuh dari mulut sampai kaki, dan hanya menyisakan kepala. Keempat kakinya digunakan untuk mendayung, dan tak jarang merentangkan telapak kaki untuk mendorong di air.

Belalai gajah punya peran penting saat mereka berenang, yaitu mampu berfungsi seperti alat snorkel yang memungkinkan mereka tetap bisa bernapas normal dan tak akan kepayahan ketika berenang jarak jauh.

Gajah adalah hewan yang sangat suka dengan air, mereka bisa menyelupkan wajah ke dalam air untuk waktu cukup lama. Jika cuaca sedang terik, gajah akan berendam di kubangan lumpur untuk mendinginkan tubuh dan bersantai.

Hobi bermain air sepertinya sudah ada sejak gajah masih bayi. Ketika sedang ada di kubangan kolam, bayi gajah akan naik ke punggung gajah dewasa kemudian melompat ke dalam air. Mereka juga suka bermain semprot air dengan menggunakan belalai.

Selain itu, gajah memiliki otot kaki yang kuat untuk mengayuh lama dan menyeberang ke tempat jauh.

Ketika sudah berenang lama dan cukup jauh, gajah jadi mudah lapar dan haus, sehingga mereka akan bergegas mengayuh kaki lebih cepat agar sampai daratan.

Baca Juga: Perburuan Liar Turun Drastis, Populasi Gajah di Kenya Naik 2,8 Persen per Tahun dalam 3 Dekade

https://www.kompas.tv/article/163881/perburuan-liar-turun-drastis-populasi-gajah-di-kenya-naik-2-8-persen-per-tahun-dalam-3-dekade 

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x