Kompas TV regional berita daerah

Di Salatiga Ada Wilayah Zero Kasus Covid-19

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 13:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SALATIGA, KOMPAS.TV - Sejak awal 2020, pandemi Covid-19 mewabah di seluruh negara di dunia, tak terkecuali adalah Indonesia. Namun ternyata di Salatiga Jawa Tengah, ada satu wilayah yang sejak awal pandemi hingga kini tidak ditemukan adanya kasus Covid-19, karena kesadaran mereka dalam menerapkan protokol kesehatan.

Wilayah bebas Covid sejak awal pandemi yang terjadi sejak 2020 ini, berada di RW 06 Dusun Sembir, Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Kampung ini tepatnya berada di wilayah perbatasan antara Salatiga dengan Kabupaten Semarang. Kampung ini jumlah penduduknya ada sekitar 200 Kepala Keluarga.

Meskipun jauh dari hiruk pikuk perkotaan, namun kampung ini secara ketat menerapkan protokol kesehatan. Bahkan warga juga menjalankan kebijakan PPKM seperti yang ditetapkan oleh pemerintah. Kegiatan warga yang mengundang banyak orang seperti hajatan maupun rapat warga,  juga ditiadakan. Jika ada sesuatu yang dinilai penting, mereka juga membatasi jumlah orang yang melakukan pertemuan.

Kebanyakan warga di tempat ini bekerja di sektor perkebunan dan home industri, sehingga mereka tidak keluar kota jika tidak ada keperluan mendesak. Selain menjaga kebersihan lingkungan, mereka juga menjaga stamina dengan melakukan olahraga ringan.

"Kita memang dibatasi, sesuai anjuran pemerintah, untuk kegiatan - kegiatan sampai sekarang kita belum mengadakan" ujar Kriyanto, Ketua RW.

Sementara itu, menurut Kapolsek Sidorejo, IPTU Tri Widaryanto, tidak adanya kasus Covid 19 di wilayah ini karena warga dengan sadar menerapkan protokol kesehatan.

"Warga RW 6 khususnya Desa Sembir, ternyata setelah kita datangi, mereka menerapkan 5 T, itu dengan sangat bagus" ujar Iptu Tri Widaryanto, Kapolsek Sidorejo. 

Dengan merepkan protokol kesehatan, warga di wilayah ini tetap melakukan aktifitas keseharian secara normal.

#covid19 #protokolkesehatan #salatiga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x