Kompas TV regional berita daerah

APBD Bermasalah, Honor Relawan Pemakaman Covid-19 Terlambat 6 Bulan

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 13:13 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Honor relawan pemakaman Covid-19 di Kabupaten Jember Jawa Timur terlambat selama 6 bulan. Keterlambatan terjadi karena pembahasan anggaran pendapatan belanja daerah atau APBD molor.

Bupati Jember, Hendy Siswanto menyebutkan keterlambatan pembayaran honor relawan pemakaman jenazah pasien Covid-19, tercatat mulai bulan Januari hingga Juni 2021 atau selama 6 bulan.

Keterlambatan honor terjadi karena pembahasan APBD pemerintahan tahun sebelumnya bermasalah, sehingga Pemerintah Kabupaten Jember tahun berikutnya belum mempunyai APBD di awal tahun 2021.

Baca Juga: KPK Tahan Paut Syakarin Tersangka Kasus Suap Pengesahan RAPBD Jambi 2017-2018

Tetapi kini Pemkab Jember sudah memiliki APBD dan honor relawan pemakaman akan segera terealisasi pada bulan Agustus 2021.

Dari data satgas penanganan covid-19, dana yang dibutuhkan untuk membayar keterlambatan itu sebanyak 180 juta rupiah dengan rincian 143 kegiatan pemakaman.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Jember sekaligus Ketua Pansus Covid-19, Ahmad Halim. Menurutnya, permasalah itu terjadi karena pembahasan APBD terlambat dan adanya pergantian Bupati dan Wakil Bupati.

Selain itu adanya sejumlah staf BPBD Jember yang terpapar covid-19 sehingga berpengaruh pada proses administrasi pembayaran honor relawan.

Baca Juga: Kasus Aktif Dan Angka Kematian Akibat Covid 19 Di Gorontalo Masih Tinggi

Sebelumnya, informasi keterlambatan honor disampaikan sejumlah relawan pemakaman jenazah Covid-19. Beberapa relawan yang tidak mau disebutkan identitasnya mengaku mendapat honor 100 ribu rupiah untuk satu kali pemakaman.

#RelawanPemakamanCovid-19 #HonorRelawan #PemkabJember #DPRDJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x