Kompas TV nasional peristiwa

Dukung Percepatan Penanganan Covid, Kemenhub Sediakan 4 Kapal Jadi Isolasi Terpusat Terapung

Kompas.tv - 13 Agustus 2021, 10:31 WIB
dukung-percepatan-penanganan-covid-kemenhub-sediakan-4-kapal-jadi-isolasi-terpusat-terapung
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Sumber: KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menyediakan kapal isolasi terpusat (isoter) terapung untuk pasien Covid-19 di sejumlah daerah. 

Terdapat 5 wilayah yang mendapatkan fasilitas tersebut, yakni Kabupaten Minahasa Utara, Kota Bitung, Kota Medan, Kota Sorong, dan Kota Jayapura.

Pengadaan fasilitas ini ditandai dengan pendatanganan Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Kapal Sebagai Tempat Isolasi Terpusat (Isoter) dengan 5 (lima) Pemerintah Daerah secara hybrid, yang disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (12/8/2021). 

Budi menuturkan,  upaya ini merupakan bentuk komitmen Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Tanah Air. 

“Upaya penyediaan Kapal isoter ini merupakan bentuk komitmen dukungan kami, sejalan dengan arahan bapak Presiden yang meminta Kementerian dan Lembaga untuk bersama-sama membantu mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia,” kata Budi dalam keterangan resminya yang dikutip Jumat (13/8/2021). 

Budi menambahkan kapal-kapal isoter dari PT Pelni ini akan segera ditempatkan di daerah-daerah tersebut, untuk membantu penanganan Covid-19.

Baca Juga: Sejumlah Lokasi di Batam Jadi Fasilitas Isolasi Terpadu, Berkapasitas 4.000 Orang

Kemenhub, lanjut dia telah menyampaikan kepada jajaran Otoritas Pelabuhan dan Syahbandar yang ada di daerah untuk membantu pemerintah daerah.

"Kami juga telah meminta Pelni, dan TNI Polri untuk membantu pemerintah daerah. Kita harus lakukan ini bersama-sama dan lakukan tugas ini dengan hati, tulus dan all out,” tegasnya. 

Nantinya, kapal isoter ini dapat menjadi alternatif ruang isolasi bagi para pasien Covid-19 tanpa gejala, sehingga mempercepat kesembuhan dibandingkan dengan melakukan isolasi mandiri di rumah.



Sumber : Kompas TV/Laman Kementerian Perhubungan RI

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.