Kompas TV nasional peristiwa

Risma: di Awal Saya Menjabat Memang Banyak Sekali Permasalahan Ditemukan

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 22:31 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku menemukan banyak masalah di Kementerian Sosial sejak ia menjabat sebagai Mensos.

“Di awal saya menjabat itu memang banyak sekali permasalahan. KPK, BPKP, dan BPK menemukan masalah tentang keakuratan data yang ada di Kemensos," kata Risma dalam webinar 'Mengawal Reformasi Sistem Perlindungan Sosial Nasional', Kamis, 12 Agustus 2021.

Risma menjelaskan masalah utama di Kemensos adalah soal data ganda bantuan sosial dan skema program bansos yang berbelit.

Risma mengatakan bahwa temuan ini juga dilaporkan oleh KPK, BPKP dan BPK.

Baca Juga: Kata Risma Soal Kasus Sumbangan Rp 2 T Anak Akidi Tio

Soal Bantuan Sosial Risma menjelaskan ada data yang tidak akurat dengan kondisi di lapangan. Hal ini menyebabkan penyaluran bantuan sosial menjadi tidak tepat sasaran.

Risma mengatakan pada awalnya ada sekitar 193.002.816 jumlah penerima bansos dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Data DTKS ini digunakan sebab acuan penyaluran tiga bantuan sosial Kemensos yaitu BPNT atau bantuan sembako, BST dan PKH.

Setelah melakukan perbaikan data, data penerima menjadi 155.898.896 jiwa yang berarti ada 38 juta data ganda penerima bantuan sosial.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.