Kompas TV internasional kompas dunia

Ibu Positif Covid-19 Lahirkan Bayi Kembar Tiga di China, Ketiga Bayi Negatif Covid-19

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 20:11 WIB
ibu-positif-covid-19-lahirkan-bayi-kembar-tiga-di-china-ketiga-bayi-negatif-covid-19
Seorang ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 pada Rabu pagi (11/08/2021) melahirkan bayi kembar tiga di area karantina rumah sakit rujukan di kota perbatasan Ruili, China barat daya, kata Komisi Kesehatan Provinsi Yunnan pada Kamis (12/08/2021) seperti dilansir Xinhua (Sumber: Shanghai Daily)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KUNMING, KOMPAS.TV - Seorang ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 pada Rabu pagi (11/08/2021) melahirkan bayi kembar tiga di area karantina rumah sakit rujukan di kota perbatasan Ruili, China barat daya, kata Komisi Kesehatan Provinsi Yunnan pada Kamis (12/08/2021) seperti dilansir Xinhua. Ini merupakan kasus pertama di China.

Tes asam nukleat pertama bayi-bayi yang baru lahir tersebut, diambil dari cairan ketuban, usap (swab) tenggorokan, dan cairan lambung, semuanya dinyatakan negatif dan ketiga bayi itu dinyatakan relatif dalam keadaan sehat.

Wanita 29 tahun itu baru hamil 28 pekan ketika dia dirawat di rumah sakit sebagai kasus terkonfirmasi Covid-19 pada 9 Juli di Provinsi Yunnan, China barat daya.

"Pengalaman kami sebelumnya menunjukkan kondisi pasien Covid-19 pada kehamilan trimester ketiga sangat rumit, terutama jika mereka terinfeksi varian Delta."

"Jadi sangat penting untuk memastikan ibu dan bayi-bayinya mendapat perawatan tepat waktu, akurat, dan efektif," kata Bai Song, Wakil Direktur Komisi Kesehatan Provinsi Yunnan.

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Panduan Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Menyusui Menurut POGI

Seorang ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 pada Rabu pagi (11/08/2021) melahirkan bayi kembar tiga di area karantina rumah sakit rujukan di kota perbatasan Ruili, China barat daya, kata Komisi Kesehatan Provinsi Yunnan pada Kamis (12/08/2021) seperti dilansir Xinhua. (Sumber: Global Times)

Sebuah tim medis yang terdiri dari 32 dokter terkemuka dari tingkat negara, provinsi, dan wilayah langsung dikirim ke Ruili dan menyesuaikan rencana perawatan untuknya sambil mencegah kelahiran prematur.

Para dokter dan perawat bertugas selama 24 jam untuk memantau kondisinya.

Baca Juga: Ibu yang Lahirkan 9 Bayi Kembar Akui Kelelahan, Setiap Hari Siapkan 100 Popok dan 6 Liter Susu

Kondisi sang ibu sempat memburuk dan dia dikategorikan sebagai kasus parah pada 12 Juli. Namun berkat perawatan dari tim medis, gejala dan risiko kelahiran prematur berangsur-angsur berkurang, dan usia kehamilannya diperpanjang hingga 32 pekan.

Pada 11 Agustus pagi, tim dokter dengan pakaian APD dan respirator penuh melakukan operasi caesar, dan pada pukul 10.08 waktu setempat, ketiga bayi itu pun lahir.

"Bayi-bayi tersebut dalam kondisi stabil dan dirawat di unit perawatan khusus," kata Duan Jiang, dokter anak di Rumah Sakit Afiliasi Pertama di bawah Universitas Kedokteran Kunming yang menjadi anggota tim perawatan.

Duan menambahkan mereka sedang menyusun rencana pemberian makan untuk bayi kembar tiga itu guna membantu mereka menjaga kestabilan pernapasan serta mendorong pertumbuhan dan perkembangan mereka. 

 

 



Sumber : Xinhua

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.