Kompas TV video sinau

Baiknya Segera Hentikan Kebiasaan Mengunyah Es Batu

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 17:23 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Walaupun kita tidak secara langsung  mengalami kondisi yang membuat ingin mengunyah es batu. Baiknya hentikan kebiasaan tersebut. Jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan. Salah satu dampak buruk dari mengunyah es batu adalah kerusakan gigi. Mengunyah es batu bisa merusak enamel gigi (email) atau lapisan luar gigi.

Email gigi sangat penting untuk melindungi lapisan paling luar pada gigi dan melindungi lapisan dalamnya dari kerusakan. Jika email gigi terkikis, gigi bisa menjadi sangat sensitif saat mengonsumsi makanan atau minuman yang panas dan dingin. Email gigi yang rusak juga meningkatkan risiko gigi berlubang.

Beberapa peneliti mempercayai bahwa mengunyah es batu bisa memicu efek pada orang yang memiliki kondisi anemia akibat dari kekurangan zat besi, yaitu mengunyah es batu bisa mengirimkan lebih banyak darah ke otak. Gejala anemia akibat kekurangan zat besi ini di antaranya  lemas, kulit pucat, pusing, napas pendek, dan nyeri dada.

Baiknya segera hentikan kebiasaan mengunyah es batu, jika mengunyah es batu sudah menjadi candu. kondisi ini bisa menjadi masalah psikologis yang bernama pagophagia. Keadaan ini juga termasuk dalam kondisi pica. Yaitu keinginan mengkonsumsi benda yang tidak wajar, pica juga berbagai macam bentuknya, di antaranya gemar mengonsumsi kertas dan lain sebagainya.(*)

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bikin Kulit Jadi Rusak, Yuk Mulai Benahi!

www.kompas.tv/article/200766/5-kebiasaan-sepele-ini-ternyata-bikin-kulit-jadi-rusak-yuk-mulai-benahi

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x