Kompas TV nasional peristiwa

Begini Kronologi Kecelakaan yang Dialami Ketum MUI KH Miftachul Akhyar

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 13:08 WIB
begini-kronologi-kecelakaan-yang-dialami-ketum-mui-kh-miftachul-akhyar
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang baru (periode 2020-2025), KH Miftachul Akhyar. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

SALATIGA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar beserta rombongan mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Semarang-Solo, Kamis (12/8/2021) pagi. 

Kecelakaan tersebut terjadi saat KH Miftachul Akhyar hendak pulang ke Surabaya setelah beberapa hari menjalani karantina di Jakarta usai pulang menghadiri Konferensi Internasional Fatwa ke-6 di Kairo Mesir.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengungkapkan mobil yang ditumpangi KH Miftachul Akhyar menabrak bagian belakang truk.

Iqbal menuturkan peristiwa tersebut bermula ketika mobil bernomor polisi S 1447 NT yang ditumpangi KH Miftachul Akhyar melaju dari arah Semarang ke Solo.

Dari arah yang sama, melaju sebuah truk yang belum diketahui identitasnya memberi tanda lampu dengan maksud akan mendahului.

Mobil yang melaju di lajur kanan kemudian berpindah ke kiri untuk memberi jalan.

Namun, Iqbal mengatakan bahwa truk tersebut kembali ke lajur kiri kemudian mengerem mendadak.

Akibatnya, mobil yang ditumpangi KH Miftachul Akhyar yang memiliki jarak terlalu dekat dengan truk tidak bisa menghindar dan menabrak bagian belakang trut tersebut.

Baca Juga: Ketum MUI KH Miftachul Akhyar Kecelakaan di Tol Semarang-Solo, Begini Kondisinya

Sementara itu, KH Miftachul Akhyar dan rombongan sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit di Kota Salatiga setelah sempat mengalami kecelakaan mobil.

Sekretaris Pribadi KH Miftachul Akhyar singkat, Nur Hidayat, mengungkapkan KH Miftachul Akhyar sudah diizinkan untuk melanjutkan perjalanannya ke Surabaya, Jawa Timur.

“Alhamdulillah, pukul 10.20 tadi Kiai Miftach sudah diperkenankan melanjutkan perjalanan ke Surabaya,” kata Nur Hidayat yang dikutip dari laman MUI, Kamis (12/8/2021). 

Di tempat terpisah, Sekretaris MUI Jawa Tengah yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang Imam Taufiq mengungkapkan KH Miftachul Akhyar saat ini dalam kondisi baik.

Ia menuturkan KH Miftachul Akhyar dan rombongan telah menjalani rontgen dan dinyatakan tidak mengalami kendala berarti.

“Kiai Miftachul Akhyar kondisinya baik. Dari sisi medis sekarang sedang dilaksanakan analisis karena beberapa bagian tubuh ada yang njarem (linu). Secara umum normal dan dibilang dokter tidak ada masalah. Beliau juga bisa mengangkat kedua tangan dan tidak ada masalah," jelasnya. 

Imam juga menuturkan saat ini rombongan KH Miftachul Akhyar menuju Surabaya dengan dikawal oleh Patwal, kepolisian, dan rombongan Kakanwil Kemenag Jawa Tengah.

Diketahui, KH Miftachul Akhyar akan menjalani perawatan lanjutan di Rumah Sakit Islam Surabaya.

Baca Juga: Laka Lantas di Tol Salatiga, Ketum MUI KH Miftachul Akhyar Jalani Perawatan Lanjutan di RSI Surabaya



Sumber : Kompas TV/Laman MUI

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.