Kompas TV nasional peristiwa

Hari ini, Artidjo Alkostar dan I Gede Ardika Dianugerahi Bintang Mahaputra Adipradana

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 07:34 WIB
hari-ini-artidjo-alkostar-dan-i-gede-ardika-dianugerahi-bintang-mahaputra-adipradana
Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar, algojo koruptor. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah akan menganugerahkan Bintang Mahaputra Adipradana dan tanda jasa kepada Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar dan Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika. Kedua tokoh tersebut sudah meninggal dunia. Artidjo pada 28 Februari 2021 dan Gede Ardika pada 20 Februari 2021. 

Pernyataan itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD melalui cuitan di twitter, Rabu (11/8/2021).

“Pada hari Kamis (12/8/2021), pemerintah akan menganugerahkan Bintang Mahaputera dan Tanda Jasa kepada beberapa orang yang dianggap berjasa dan berprestasi,” kata Mahfud MD.

“Mantan hakim agung Artidjo Alkostar dan Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika akan dianugerahi Bintang Mahaputra Adipradana.”

Selain kepada dua tokoh tersebut, lanjut Mahfud MD, pemerintah juga akan memberikan tanda kehormatan kepada dokter dan tenaga kesehatan yang meninggal akibat Covid-19. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Besok, Pemerintah Anugerahi Bintang Mahaputra Adipradana kepada Artidjo Alkostar dan I Gede Ardika

Sebagai informasi, tanda kehormatan yang diberikan pemerintah kepada dokter dan tenaga kesehatan sudah keempat kalinya.

“Tanda Kehormatan tahap ke-4 kepada 325 dokter dan tenaga kesehatan lain yang meninggal dalam menangani Covid-19. Acara ini adalah dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI,” jelas Mahfud MD.

“Upacara akan dilaksanakan secara hybrid yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Negara.”

Untuk diketahui, peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini akan kembali digelar dengan menerapkan protokol ketat.

Meski demikian, Sekretariat Presiden mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam upacara virtual Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat mendaftarkan diri melalui laman Pandang Istana yang beralamat di pandang.istanapresiden.go.id.

Baca Juga: Mahfud MD: Kita Harus Berniat untuk Melanjutkan Nilai-Nilai dari Artidjo Alkostar

“Kami juga kembali memberikan kesempatan, mengajak, menggugah untuk bersama-sama kita hadir di acara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana Yusuf Permana.

Yusuf menuturkan Sekretariat Presiden telah mengalokasikan sebanyak 40 ribu undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.