Kompas TV regional peristiwa

Terjadi Hari Ini, Awas Gelombang Tinggi di Selatan Jawa Timur, BMKG: Lebih dari Enam Meter

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 05:45 WIB
terjadi-hari-ini-awas-gelombang-tinggi-di-selatan-jawa-timur-bmkg-lebih-dari-enam-meter
Ilustrasi gelombang tinggi yang terjadi di selatan Jawa Timur menurut keterangan BMKG mulai Rabu (11/8/2021) hingga hari ini, Kamis (12/8). (Sumber: pixabay.com/Fotoworkshop4You)
Penulis : Gading Persada

SURABAYA, KOMPAS.TV- Peringatan dini potensi gelombang tinggi dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang terjadi di Selatan Jawa Timur.

Tak tanggung-tanggung, tinggi gelombang mencapai lebih dari enam meter yang terjadi sejak Rabu (11/8/2021) kemarin hingga hari ini, Kamis, 12 Agustus.

Eko Prasetyo selaku Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo dalam keterangan tertulisnya Rabu mengatakan, selain di selatan Jawa Timur potensi gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Perairan Timur Enggano, Perairan Selatan Banten dan juga di Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Baca Juga: Waspada Gelombang Tinggi 6 Meter Lebih di Samudera Hindia Barat Bengkulu Hingga Selatan Jawa Bali

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur - selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur - tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 30 knot," ungkapnya.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian selatan, dan Perairan selatan Banten."

Menurut Eko, untuk gelombang antara 1,25 meter sampai dengan 2,5 meter di antaranya berpeluang terjadi di Perairan Timur Kepulauan Nias hingga Mentawai, Selat Sumba bagian timur, selat Ombai, Perairan Selatan Kepulauan Anambas, Perairan Timur Bintan-Lingga, Perairan Belitung-Selat Gelasa.

"Sedangkan tinggi gelombang antara 2,5 meter sampai dengan 4 meter berpeluang terjadi di Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Timur Simeulue, Teluk Lampung bagian Selatan, Selat Sape bagian Selatan, Perairan Pulau Sawu-Pulau Rotte-kupang," jelasnya. 

Baca Juga: Waspada! Gelombang Tinggi di Selatan Banyuwangi Berpotensi Terjadi Sepekan Mendatang, Capai 7 Meter

Ia mengatakan, harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Seperti kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal ferry dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2, 5 meter.

"Serta Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo atau Kapal Pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter. Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tandas Eko. 

Baca Juga: Detik-detik Tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali yang Dihantam Gelombang Tinggi dan Karam 5 Menit

 

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.