Kompas TV entertainment lifestyle

5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bikin Kulit Jadi Rusak, Yuk Mulai Benahi!

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 18:06 WIB
5-kebiasaan-sepele-ini-ternyata-bikin-kulit-jadi-rusak-yuk-mulai-benahi
Ilustrasi wajah keriput. (Sumber: Kompas.com/KatarzynaBialasiewicz)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang harus dijaga dan dirawat. Belakangan ini, banyak produk perawatan kulit yang diklaim mampu menyehatkan kulit.

Tren rutinitas perawatan kulit sebagai gaya hidup baru juga semakin banyak dibahas seiring bertambahnya produk perawatan kulit yang kian menjamur. Tak hanya melirik perempuan, sejumlah produk perawatan kulit juga menyasar laki-laki. Sebab, semua manusia juga memiliki kulit, bukan? 

Namun, di samping menjaga kesehatan dengan perawatan kulit, penting untuk diketahui kebiasaan sepele yang justru bisa membuat kulit menjadi rusak hingga masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Penting Diketahui! Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum, Saat, dan Setelah Menerima Vaksin Covid-19

Apa saja? Berikut ulasan kebiasaan sepele yang bisa membuat kulit rusak. 

1. Menggaruk kulit secara berlebihan

Stress, ruam kulit, alergi obat, atau gigitan serangga biasa membuat kulit gatal yang membuat gemas jika tidak digaruk. Sayangnya, tindakan menggaruk ini tak baik bagi kulit, terlebih jika dilakukan secara berlebihan.

“Ketika menggaruk kulit, itu menyebabkan siklus gatal-garuk. Menggaruk kulit membuat saraf bengkak dan mengirimkan sense meski tidak ada yang menyebabkan gatal,” jelas dokter kulit di Texas, Clay J. Cockerell.

2. Menekan ponsel ke pipi

Saat menerima panggilan telepon, biasanya kita akan menempelkan ponsel ke telinga hingga menyentuh pipi. Menekan ponsel ke pipi ternyata bisa menyebabkan jerawat.

Cockerell mengatakan bahwa beberapa orang memiliki alergi terhadap bahan ponsel. Selain itu, bakteri yang terkumpul di permukaan ponsel juga bisa membuat kulit iritasi.



Sumber : Everyday Health


BERITA LAINNYA



Close Ads x