Kompas TV nasional berita utama

Kementerian PUPR Siapkan Rumah Sakit Darurat di 33 Lokasi, Ini Daftar Lengkapnya

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 07:00 WIB
kementerian-pupr-siapkan-rumah-sakit-darurat-di-33-lokasi-ini-daftar-lengkapnya
Petugas mendorong tabung oksigen saat menyiapkan ruangan perawatan pada Tower 8 Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, Selasa (15/6/2021) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sebanyak 33 titik lokasi di berbagai wilayah di Indoensia disiapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai rumah sakit darurat (RSD) Covid-19. 

Adapun puluhan RSD itu menyebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo Raya, Surabaya, Bali, Medan dan Lampung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, dukungan fasilitas kesehatan tersebut diharapkan menambah kapasitas tampung pasien Covid-19 sebanyak 2.811 bed rumah sakit dan 5.989 bed isolasi. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Modular Tanjung Duren

Langkah tersebut, kata Basuki dalam keterangannya, Minggu (9/8/2021) sebagaimana dikutip Rabu (11/8/), menyebut sesuai arahan presiden agar tidak hanya menyiapkan ruang isolasi saja tetapi juga rumah sakit.

Salah satunya Asrama Haji di Pondok Gede yang telah diubah menjadi Rumah Sakit Darurat untuk penanganan Covid-19.

Menurutnya, penanganan Gedung Asrama Haji Pondok Gede yang dimanfaatkan sebagai RSD Covid-19 telah selesai sejak pertengahan Juni 2021 dengan total kapasitas 887 bed di ruang perawatan/isolasi dan 36 bed High Care Unit (HCU).

"Bangunan yang selesai dikonversi menjadi Rumah Sakit Darurat adalah Gedung A, Gedung B, Gedung C, Gedung H, dan Gedung D5, termasuk sarana pendukung lingkungan," papar dia. 

Baca Juga: Asrama Haji Lampung difungsikan jadi Rumah Sakit Darurat Covid 19

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, di Jakarta juga disiapkan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput berkapasitas 1.659 bed, Rusun Nagrak sebanyak 3.756 bed, dan Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 731 bed (masih memungkinkan bertambah jika diperlukan).

Kemudian, Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (PKIA) Kiara di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang sudah selesai pengerjaan pada 6 Agustus 2021 sebanyak 288 bed di ruang perawatan, 38 Neonatal Intensive Care Unit (NICU), 8 Intensive Care Unit (ICU), 23 HCU, dan 2 ruang operasi.

Selanjutnya di Bandung terdapat 7 rumah sakit yang dimanfaatkan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, yakni RS Pindad berkapasitas 10 bed ICU, RSUD Al Ihsan berkapasitas 30 bed ICU, RSUD Majalaya berkapasitas 6 bed ICU, RSUD Cikalong Wetan berkapasitas 12 bed ICU, RSUD Lembang berkapasitas 4 bed ICU, RSP Dr H. A. Rotinsulu berkapasitas 3 bed ICU, dan RSUD Cililin berkapasitas 4 bed ICU. 



Sumber : Kompas TV/PMJ NEWS

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.