Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia akan Bercocok Tanam di Modul Penelitian Nauka Stasiun Luar Angkasa ISS

Selasa, 10 Agustus 2021 | 23:32 WIB
rusia-akan-bercocok-tanam-di-modul-penelitian-nauka-stasiun-luar-angkasa-iss
Laboratorium penelitian multiguna Nauka terbaru Rusia diluncurkan dari pelabuhan antariksa Baikonur pada 21 Juli. Modul itu merapat dengan pos orbit pada 29 Juli. (Sumber: TASS)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Eksperimen Vitacycle-T yang melibatkan tanaman dalam skala industri akan dilakukan di modul penelitian Nauka (Ilmu Pengetahuan) Rusia di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS. Hal ini diungkapkan Kepala Laboratorium Biomedis di Institute of Biomedical Problems dalam Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia Yuri Smirnov kepada TASS, Senin (09/08/2021) waktu Moskow.

"Eksperimen Vitacycle-T berambisi menciptakan rumah kaca untuk menanam tanaman dalam skala industri (di luar angkasa)" kata peneliti Rusia.

Menurutnya, sebuah rumah kaca luar angkasa, yang bentuknya menyerupai siput, akan dikirim ke pos orbit stasiun luar angkasa ISS untuk melakukan percobaan itu.

"Seorang kosmonot akan menanam benih pada sebuah strip di rumah kaca pada interval tertentu. Dia kemudian akan memutar drum dan meletakkan strip berikutnya setelah waktu tertentu. Para kosmonot akan dapat mengumpulkan panen pada periode tertentu. Selama percobaan pertama, yang akan ditanam adalah kubis Napa," jelas Smirnov.

Beberapa tanaman hasil budidaya itu akan dikirim ke Bumi untuk dipelajari, tambahnya.

"Tentu saja, tidak ada yang akan melarang kosmonot menggunakan panen yang dikumpulkan selama penerbangan luar angkasa untuk menambah nutrisi mereka," ahli menekankan.

Baca Juga: Antisipasi Taliban, Militer China dan Rusia Gelar Latihan Perang Gabungan di Barat-Laut China

Laboratorium penelitian multiguna Nauka terbaru Rusia diluncurkan dari pelabuhan antariksa Baikonur pada 21 Juli. Modul itu merapat dengan pos orbit pada 29 Juli. (Sumber: Space.com via Roscosmos)

Di masa depan, kosmonot Rusia akan dapat menanam biji-bijian, tanaman polong-polongan, dan tomat kerdil, katanya.

Laboratorium penelitian multiguna Nauka terbaru Rusia diluncurkan dari pelabuhan antariksa Baikonur pada 21 Juli. Modul itu merapat dengan pos orbit pada 29 Juli.

Modul laboratorium multi-fungsi Nauka melaksanakan program penelitian dan eksperimen terapan Rusia. Dengan peluncuran modul penelitian Nauka ke orbit, segmen Stasiun Luar Angkasa Internasional Rusia akan menerima ruang tambahan untuk melengkapi tempat kerja, menyimpan kargo, serta menampung peralatan regenerasi air dan oksigen.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/TASS


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Menko PMK Tinjau Lokasi Longsor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 12:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19