Kompas TV video sinau

Dari Gurita hingga Paus Orca, Ini Induk Hewan yang Punya Sifat Pekerja Keras

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 18:31 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Tidak hanya ibu manusia, beberapa induk hewan juga bekerja keras untuk mengurus anaknya. Dalam dunia hewan, induk hewan apa saja yang paling bekerja keras?

Simak informasinya berikut ini:

1. Gurita

Induk gurita melahirkan sekitar 155 hingga 165 buah telur dan melindunginya dari predator, dengan cara terus menempel pada batu tempatnya meletakkan telurnya, tanpa makan sedikitpun.

Setelah 4,5 tahun, telur-telur tersebut menetas dan induk gurita yang kelaparan dan kelelahan kemudian akan mati.

2. Gajah

Gajah merupakan mamalia dengan kehamilan terlama, sekitar lebih dari 2 tahun. Ketika anaknya lahir, selama dua hingga tiga tahun induk gajah terus menjaga anaknya, mengajari cara bertahan di alam liar, memberi asupan nutrisi, dan juga tanaman obat-obatan untuk menjaga kesehatannya.

3. Beruang kutub

Induk beruang kutub yang sedang hamil akan membangun sarang berupa terowongan es, dan tinggal di dalamnya hingga melahirkan.

Setelah kelahiran anaknya, induk beruang kutub akan berdiam di dalam sarang, menjaga dan menyusui anaknya selama 8 bulan tanpa makan dan minum.

Induk beruang akan keluar dari sarang setelah anaknya cukup kuat, dan terus menjaga anaknya selama 2-3 tahun.

4. Kanguru

Induk kanguru mengalami kehamilan yang sangat singkat, yaitu hanya 36 hari. Ketika lahir, anak kanguru akan berada di dalam kantung induknya dalam periode yang panjang. Anak kanguru akan terus berada dalam kantung dan menyusu dari induknya selama 18 bulan.

5. Paus orca

Anak paus orca yang baru lahir tidak akan tidur selama sebulan. Induk paus orca akan menjaga anaknya dari predator selama sebulan penuh juga mengajarinya cara membangun cadangan lemak dan otot sambil berenang terus-menerus, bahkan sepanjang umurnya.

Baca Juga: Harimau di Ragunan Terpapar Virus Corona, Bagaimana dengan Hewan Peliharaan Rumah?

www.kompas.tv/article/197709/harimau-di-ragunan-terpapar-virus-corona-bagaimana-dengan-hewan-peliharaan-rumah

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.