Kompas TV klik360 sinau

Dari Gurita hingga Paus Orca, Ini Induk Hewan yang Punya Sifat Pekerja Keras

Rabu, 11 Agustus 2021 | 18:31 WIB

KOMPAS.TV - Tidak hanya ibu manusia, beberapa induk hewan juga bekerja keras untuk mengurus anaknya. Dalam dunia hewan, induk hewan apa saja yang paling bekerja keras?

Simak informasinya berikut ini:

1. Gurita

Induk gurita melahirkan sekitar 155 hingga 165 buah telur dan melindunginya dari predator, dengan cara terus menempel pada batu tempatnya meletakkan telurnya, tanpa makan sedikitpun.

Setelah 4,5 tahun, telur-telur tersebut menetas dan induk gurita yang kelaparan dan kelelahan kemudian akan mati.

2. Gajah

Gajah merupakan mamalia dengan kehamilan terlama, sekitar lebih dari 2 tahun. Ketika anaknya lahir, selama dua hingga tiga tahun induk gajah terus menjaga anaknya, mengajari cara bertahan di alam liar, memberi asupan nutrisi, dan juga tanaman obat-obatan untuk menjaga kesehatannya.

3. Beruang kutub

Induk beruang kutub yang sedang hamil akan membangun sarang berupa terowongan es, dan tinggal di dalamnya hingga melahirkan.

Setelah kelahiran anaknya, induk beruang kutub akan berdiam di dalam sarang, menjaga dan menyusui anaknya selama 8 bulan tanpa makan dan minum.

Induk beruang akan keluar dari sarang setelah anaknya cukup kuat, dan terus menjaga anaknya selama 2-3 tahun.

4. Kanguru

Induk kanguru mengalami kehamilan yang sangat singkat, yaitu hanya 36 hari. Ketika lahir, anak kanguru akan berada di dalam kantung induknya dalam periode yang panjang. Anak kanguru akan terus berada dalam kantung dan menyusu dari induknya selama 18 bulan.

5. Paus orca

Anak paus orca yang baru lahir tidak akan tidur selama sebulan. Induk paus orca akan menjaga anaknya dari predator selama sebulan penuh juga mengajarinya cara membangun cadangan lemak dan otot sambil berenang terus-menerus, bahkan sepanjang umurnya.

Baca Juga: Harimau di Ragunan Terpapar Virus Corona, Bagaimana dengan Hewan Peliharaan Rumah?

www.kompas.tv/article/197709/harimau-di-ragunan-terpapar-virus-corona-bagaimana-dengan-hewan-peliharaan-rumah

(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:24
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19