Kompas TV bisnis kebijakan

Mal di Bandung Segera Dibuka, Pemkot Siapkan Uji Coba dan Posko Vaksinasi Covid-19

Kompas.tv - 10 Agustus 2021, 13:58 WIB
mal-di-bandung-segera-dibuka-pemkot-siapkan-uji-coba-dan-posko-vaksinasi-covid-19
Pusat perbelanjaan di Kota Bandung disiapkan kembali beroperasi. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

BANDUNG, KOMPAS.TV - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung mulai menyiapkan sejumlah pusat perbelanjaan atau mal untuk uji coba kembali menerima pengunjung setelah ditutup sejak masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan soal teknis pembukaan dan uji coba itu akan terlebih dahulu dirapatkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung. Nantinya, sertifikat vaksin jadi syarat bagi pengunjung untuk masuk ke mal.

"Kita akan menyiapkan beberapa mal, dua atau tiga mal untuk pengunjung, vaksin itu kan sudah harga mati ya harus wajib ya, jadi kita akan bekerja sama untuk menyediakan pos khusus," kata Elly di Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/8/2021).

Menurut Elly, aturan pembukaan mall di masa PPKM yang diperpanjang hingga 16 Agustus 2021 ini telah tertuang dalam Instruksi Mendagri. Namun, untuk teknis pelaksanaannya, ia pun masih menunggu Peraturan Wali (Perwal) Kota Bandung yang akan diturunkan setelah rapat Satgas Covid-19 tingkat Kota Bandung.

"Sepertinya belum buka, baru bukanya besok karena saya juga menunggu Perwal dulu. Nanti sore kan rapat dengan Pak Sekda, ya sepertinya nanti malam keluar, paling telat besok," terangnya.

Baca Juga: Cara Peroleh Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi Serta Alasan Jika Tak Bisa Download

Ia pun meminta kepada Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) di Kota Bandung agar menyiapkan Satgas mandiri guna mengawasi aktivitas di mal yang akan segera dibuka.

Di samping itu, terkait penyediaan pos vaksinasi Covid-19 ditujukan bagi pengunjung pusat perbelanjaan atau mal saat sektor bisnis tersebut diperbolehkan beroperasi. Dengan demikian, ia harap percepatan vaksinasi dapat terus terealisasi guna ciptakan kekebalan kelompok.

Lebih lanjut, Elly mengatakan bahwa vaksinasi itu akan dilakukan melihat pengunjung mal berasal bukan hanya dari Kota Bandung saja, sehingga vaksinasi tersebut tidak hanya dikhususkan bagi warga Kota Bandung.

"Setiap pengunjung saja, jadi yang di luar Kota Bandung juga kita akan melakukan vaksinasi untuk yang belum," katanya.

Baca Juga: Perpanjangan PPKM Level 4 di Jakarta, Mal dan Rumah Ibadah Boleh Beroperasi Kapasitas Maksimal 25%


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x